Camaba, Sudah Siap Kuliah? Ini Perbedaan Artikel dan Jurnal yang Perlu Diketahui

Selasa, 09 Juli 2024 - 11:46 WIB
loading...
Camaba, Sudah Siap Kuliah? Ini Perbedaan Artikel dan Jurnal yang Perlu Diketahui
Artikel dan jurnal menjadi dua jenis tulisan yang familiar di dunia akademis ataupun penulisan ilmiah di perguruan tinggi. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini penjelasan soal perbedaan antara artikel dan jurnal yang perlu diketahui calon mahasiswa baru. Artikel dan jurnal menjadi dua idiom yang familiar di dunia akademis ataupun penulisan ilmiah. Namun definisi maupun pengertian antara artikel dan jurnal masih kerap membuat sebagian orang keliru.

Keduanya tampak mirip karena dianggap sama-sama berupa karya tulis yang menyajikan temuan fakta dan data. Padahal keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Apa Itu Artikel?


1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis lengkap, contohnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

2. Mengutip buku Media Pembelajaran Bahasa oleh Meliyawati, dari definisi tersebut berarti artikel merupakan karya tulis yang umumnya dimuat dalam majalah maupun surat kabar. Berbagai tulisan di media cetak, termasuk media online, juga dapat disebut sebagai artikel bila mengacu pada pengertian KBBI.

3. Artikel bisa didefinisikan sebagai karangan lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di koran, majalah, buletin, dan sebagainya. Karya tulis ini menyajikan fakta, data, gagasan, maupun pendapat tentang topik tertentu.

4. Singkatnya, artikel adalah karya tulis non fiksi yang berfokus pada pembahasan suatu topik. Untuk isinya dapat berupa opini, narasi umum, atau lainnya. Selain itu, dikenal juga artikel ilmiah yaitu karya tulis berisi hasil atau temuan-temuan dari penelitian, eksperimen, maupun analisis ilmiah.

5. Penulisan artikel ditujukan untuk menginformasikan, meyakinkan, mendidik, serta menghibur pembacanya. Umumnya orang yang membuat artikel memiliki wawasan yang cukup tentang apa yang ditulisnya.



Pengertian Jurnal

1. Dalam buku Pengantar Metodologi Penelitian Sosial karya Ahmad Tohardi, jurnal adalah buletin khusus yang diterbitkan secara berkala dan berisi kumpulan artikel mengenai bidang ilmu tertentu.

2. Artikel yang dipublikasi dalam jurnal merupakan hasil penelitian ilmiah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)