3 Cara Bebas Uang Pangkal Masuk PTN Lewat Jalur Mandiri, Camaba Cek Ya

Selasa, 09 Juli 2024 - 18:50 WIB
loading...
3 Cara Bebas Uang Pangkal...
Jalur mandiri PTN mensyaratkan uang pangkal yang harus dibayar calon mahasiswa baru. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jalur mandiri PTN mensyaratkan uang pangkal yang harus dibayar calon mahasiswa baru. Uang pangkal ditetapkan oleh masing-masing oleh kampus sesuai jurusan kuliah masing-masing.

Misalnya saja di Universitas Airlangga (Unair), uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI) untuk jurusan Kedokteran terbagi dua kategori. IPI 1 sebesar Rp99 juta, IPI 2 Rp150 juta, dan IPI 3 sebesar Rp225 juta.

Baca juga: Mau Kuliah PTN di Bandung? Segini Uang Pangkal UPI Jalur Mandiri 2024

IPI Kedokteran Unair termasuk yang tertinggi di semua jurusan PTN yang berada di Surabaya, Jawa Timur itu. Bandingkan dengan IPI Bahasa dan Sastra Indonesia yang terdiri dari IPI 1 sebesar Rp25 juta dan IPI 2 Rp30 juta.

Contoh lagi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), uang pangkal untuk jurusan Fisika terbagi atas IPI Pilihan 1 sebesar Rp40 juta dan IPI pilihan 2 Rp50 juta. Lalu IPI jurusan Kedokteran itu dipatok Rp150 juta.

Baca juga: Sengkarut Biaya Kuliah, Yuk Pahami Beda UKT, SPP dan Uang Pangkal

Besaran biaya kuliah baik itu UKT dan IPI yang berlaku di PTN itu disesuaikan dengan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek).

Jika Uang Kuliah Tunggal (UKT) harus dibayar setiap semester. Maka IPI atau uang pangkal ini hanya dibayar sekali pada saat masuk. Besaran IPI ditentukan sesuai kemampuan orang tua dan wali.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Seleksi Mandiri ITB 2024, Pendaftaran Dibuka 21 Mei

Dikutip dari Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek, berikut ini 3 cara bebas uang pangkal masuk universitas negeri lewat jalur mandiri .

3 Cara Bebas Uang Pangkal Masuk PTN Lewat Jalur Mandiri

1. Beasiswa Prestasi


Menurut Instagram BPPP Kemendikbudristek, banyak PTN menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dengan prestasi akademik atau non akademik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)