Indonesia Kekurangan Guru Besar? Ini 10 Universitas dengan Profesor Terbanyak

Rabu, 10 Juli 2024 - 18:40 WIB
loading...
Indonesia Kekurangan...
Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjadi perguruan tinggi dengan jumlah profesor atau guru besar terbanyak menurut data tahun 2020. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 universitas dengan jumlah profesor terbanyak di Indonesia. Keberadaan Profesor atau Guru Besar di perguruan tinggi Indonesia dinilai belum memadai. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan, jumlah profesor di Indonesia masih rendah.

Pada tahun 2023, dari sekitar 311.63 dosen aktif, hanya sekitar 2,61 persen yang bergelar Profesor/Guru Besar Jumlah Profesor tersebut tersebar di banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Mengutip data Statistik Pendidikan Tinggi 2020 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, artikel kali ini akan membahas daftar 10 universitas yang memiliki profesor terbanyak di Indonesia, simak ya!

10 Universitas dengan Jumlah Profesor Terbanyak (2020)


1.Universitas Hasanuddin (318 orang profesor)


Universitas Hasanuddin, yang berdiri di Makassar sejak 1956, memiliki 318 guru besar pada tahun 2020. Pada Desember 2021, Unhas mengukuhkan 2 guru besar dari Fakultas Teknik.

2.Universitas Gadjah Mada (312 orang profesor)


UGM, yang berlokasi di Yogyakarta, memiliki 312 guru besar dan Dewan Guru Besar (DGB) yang memiliki beberapa tugas, seperti menjaga integritas moral dan etika sivitas akademika, memberikan pandangan terkait pengembangan ilmu, serta memberikan masukan terkait isu strategis bangsa dan negara.

3.Universitas Indonesia (284 orang profesor)


Universitas Indonesia, yang merupakan salah satu universitas negeri favorit di Indonesia, memiliki 284 guru besar dan DGB yang bertugas menjalankan fungsi pengembangan keilmuan, penegakan etika, dan pengembangan budaya akademik.

4.Universitas Airlangga (223 orang profesor)


Universitas Airlangga (Unair), yang terletak di Surabaya, memiliki 223 guru besar dan baru-baru ini mengukuhkan 4 guru besar dari fakultas berbeda, yaitu Fakultas Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

5.IPB University (216 orang profesor)


IPB University memiliki 216 guru besar dan DGB yang berfungsi sebagai pilar pengembangan intelektual dan moral.

6. Universitas Brawijaya (187 profesor)


7. Universitas Sumatra Utara (178 profesor)


8. Institut Teknologi Bandung (178 profesor)


9. Universitas Padjadjaran (158 profesor)


10. Universitas Andalas (148 profesor)


Apa Itu Profesor Atau Guru Besar?


Guru besar adalah jabatan akademik tertinggi yang diraih oleh seorang pendidik sekaligus peneliti dengan berbagai proses tahapan sehingga karyanya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas sebagai wujud dalam pengabdian pada bidang akademis.

Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru Besar atau Profesor adalah jabatan fungsional tertinggi bagi Dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.

Untuk menduduki jabatan akademik Guru Besar atau Profesor, harus memiliki kualifikasi akademik Doktor. Pada Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi, dapat diangkat sebagi Guru Besar atau Profesor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)