8 Jurusan IPB Termahal dengan Uang Pangkal di Atas Rp50 Juta, Kedokteran Tak Terkalahkan

Jum'at, 12 Juli 2024 - 12:49 WIB
loading...
8 Jurusan IPB Termahal...
Ini adalah delapan jurusan di IPB University termahal dilihat dari uang pangkal di atas Rp50 juta. Foto/IPB University.
A A A
JAKARTA - Ini adalah delapan jurusan kuliah di IPB University termahal dilihat dari uang pangkal di atas Rp50 juta. Uang pangkal hanya diberlakukan di jalur mandiri.

IPB University telah mengumumkan hasil Seleksi Mandiri Masuk (SM-IPB) Program Sarjana 2024 pada Rabu, 10 Juli 2024 secara online di laman admisi.ipb.ac.id.

Baca juga: Biaya Kuliah IPB University Jalur Mandiri 2024, Segini UKT dan BPIF-nya

Sebanyak 768 calon mahasiswa dinyatakan lolos jalur mandiri di kampus yang berada di Bogor, Jawa Barat ini. Mereka diseleksi berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) maupun ujian online.

Selain ada Uang Kuliah Tunggal (UKT), bagi mereka yang diterima di jalur mandiri, IPB mewajibkan membayar uang pangkal atau disebut dengan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

Baca juga: Mau Daftar Jalur Mandiri IPB 2024? Perhatikan 8 Jurusan S1 dengan Keketatan Tertinggi Ini

Sejatinya, uang pangkal digunakan untuk meningkatkan dan memelihara fasilitas pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas. Dengan adanya dana ini, perguruan tinggi dapat menyediakan fasilitas yang modern dan memadai, sehingga proses belajar mengajar berjalan lebih efektif.

Dana dari uang pangkal juga dialokasikan untuk pengembangan kurikulum dan program akademik yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri. Ini termasuk penyusunan modul baru, pelatihan tenaga pengajar, dan penyelenggaraan program-program unggulan.

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah Termahal dan Bonafide, Lulusannya Miliki Peluang Kerja Tinggi

Selain akademik, uang pangkal juga digunakan untuk mendukung kegiatan ekstrakurikuler dan penelitian mahasiswa. Kegiatan ini penting untuk pengembangan soft skills, kreativitas, dan kemampuan penelitian yang akan berguna di dunia kerja.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)