Sosok Davin, Mahasiswa Unair yang Adu Cerdas di Clash of Champions

Jum'at, 12 Juli 2024 - 14:53 WIB
loading...
Sosok Davin, Mahasiswa...
Mahasiswa Unair jurusan Statistika Davin Firmansha menjadi salah satu peserta Clash of Champions (CoC). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Unair jurusan Statistika Davin Firmansha menjadi salah satu peserta Clash of Champions (CoC). CoC adalah gameshow yang viral karena adu cerdas mahasiswa berprestasi baik di dalam dan luar negeri dari berbagai kampus ternama.

Salah satu peserta tersebut adalah Davin Firmansha, mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair angkatan 2023.

Baca juga: Lulus SNBT di Usia 16 Tahun, Azizah akan Belajar Ilmu Politik di Unair

Davin telah aktif mengikuti berbagai perlombaan bidang sains dan teknologi (saintek) sejak duduk di bangku SMA. Hal itu membuatnya berhasil diundang mengikuti acara COC untuk beradu kecerdasan dengan mahasiswa berprestasi lainya.

“Perasaan saya senang sekali dapat berkesempatan untuk berkompetisi dengan beberapa mahasiswa berprestasi. Ada sedikit perasaan kagum dan tertekan karena lawan-lawan semuanya tidak mudah dan pastinya merasa tertantang karena hal tersebut,” katanya, dikutip dari laman Unair, Jumat (12/7/2024).

Baca juga: Viral! Pidato Wisuda Anak Penjual Nasi Goreng yang Bikin Rektor Tersentuh, Auto Diberi Rekomendasi Kerja

Ikuti Berbagai Tahapan


Davin menjelaskan, bahwa untuk menjadi peserta CoC ada beberapa tahap yang harus dijalani oleh para calon peserta. Hal itu meliputi pencarian kandidat berdasarkan kriteria Ruangguru, verifikasi data diri, dan terdapat tes logika dan ketelitian. “Setelah verifikasi data diri, pihak Ruangguru memberikan tes yang berbentuk logika dan ketelitian yang memiliki tingkat kesulitan tertentu,” terang Davin.

Ketika mengikuti CoC, pada awalnya Davin merasa kagum melihat para lawan-lawannya yang berasal dari kampus ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, prestasi yang mereka miliki sangat mentereng di tingkat nasional hingga internasional. Namun, hal itu sama sekali tidak menyudutkan nyali Davin sebagai mahasiswa Unair untuk bersaing dan bersinar di acara CoC.

Baca juga: Cerita Asrul, Bikin Bangga Mendiang Orang Tua karena Lulus dari Unair dengan KIP Kuliah

“Saya merasa siap untuk bersaing dengan mahasiswa dari kampus-kampus terbaik di Indonesia dan di luar negeri. Saya percaya, semua hal bisa dilalui jika kita tekun dan mengerahkan semua kemampuan yang kita milik,” terang mahasiswa Statistika UNAIR itu

Tips dan Motivasi


Davin memaparkan, untuk berprestasi dan mempertahankan nilai semasa perkuliahan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi, terkadang para mahasiswa juga mengikuti berbagai kegiatan organisasi untuk meningkatkan soft skill.

Baca juga: Mahasiswa Unair Diterima Magang di Kemenkeu, Bersaing dengan 10 Ribu Pelamar!

Untuk itu, sebagai mahasiswa, perlu menanamkan motivasi pada diri sendiri agar terus bersemangat. Ditambah lagi, Unair telah memberikan fasilitas untuk menunjang para mahasiswanya berprestasi dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

“Saya berpesan kepada mahasiswa Unair agar bersyukur dengan kesempatan yang kita miliki sebagai mahasiswa Unair, memaksimalkan semua fasilitas yang ada untuk berkembang, dan jadilah yang terbaik,” pungkas Davin.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)