Canggih! Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Ciptakan Aplikasi Pengenal Wajah

Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:33 WIB
loading...
Canggih! Mahasiswa Universitas...
Mahasiswa UNM menciptakan aplikasi Multi Faktor Autentikasi (MFA) Pengenalan Wajah. Foto/UNM.
A A A
JAKARTA - Inovasi mahasiswa di era berbasis teknologi seperti saat ini semakin canggih. Salah satunya aplikasi pengenal wajah yang diciptakan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) Rizky Atmajaya.

Inovasi di bidang keamanan digital ini menerapkan aplikasi Multi Faktor Autentikasi (MFA) Pengenalan Wajah. Aplikasi ini merupakan yang pertama yang memungkinkan autentikasi login aplikasi web menggunakan teknologi pengenalan wajah di ponsel.

Menurut mahasiswa prodi Informatika ini, aplikasi ini bekerja dengan cara yang sangat inovatif, di mana pengguna dapat menyinkronkan aplikasi web di PC (personal computer) dengan handphone yang dimiliki.

“Pengguna tidak perlu lagi memasukkan username dan password secara manual untuk melakukan login, pengguna dapat langsung login menggunakan autentikasi pengenalan wajah yang berasal dari handphone mereka,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (13/7/2024).

Rizky menjelaskan poin utama dari aplikasi ini yakni dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan diri kepada pengguna terkait keamanan data pribadi. Dengan Autentikasi wajah memastikan bahwa hanya pemilik wajah yang terdaftar yang dapat mengakses akun.

“Point selanjutnya dari aplikasi ini bahwa pengguna memiliki kontrol penuh dan dapat melakukan tracking aktivitas login di aplikasi. Hal ini memudahkan pengguna untuk memantau dan mengelola akses ke akun,” tegas Rizky.

Selanjutnya, Rizky kembali menyebutkan point ketiga, kelebihan dari aplikasi ciptaannya yakni data autentikasi wajah disimpan secara aman di perangkat pribadi pengguna.

“Hal ini memastikan bahwa data sensitif tidak disimpan di server pihak ketiga, sehingga mengurangi risiko kebocoran data,” ungkap Rizky.

Pada kesempatan ini, Fitra Septia Nugraha, selaku Kepala Nusa Mandiri Innovation, sangat mengapresiasi karya Rizky Atmajaya ini. Ia berharap inovasi ini menjadi contoh dan motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Dengan inovasi ini, dapat memberikan solusi keamanan yang lebih baik dan efisien bagi pengguna aplikasi web. Aplikasi MFA Pengenalan Wajah ini diharapkan dapat menjadi standar baru dalam sistem autentikasi digital di masa depan. Karya inovasi mahasiswa Universitas Nusa Mandiri ini dapat menjadi contoh dan dorongan untuk terus berkarya dan berinovasi pada mahasiswa lainnya,” tutupnya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)