7 PTS Akreditasi Unggul di Jawa Tengah, Tiga Kampus dari Muhammadiyah

Senin, 15 Juli 2024 - 10:09 WIB
loading...
7 PTS Akreditasi Unggul...
Ini adalah tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) akreditasi Unggul BAN PT di wilayah Jawa Tengah (LLDikti Wilayah 6). Daftar kampus yang sudah terakreditasi Unggul bagi calon mahasiswa baru. Foto/Udinus.
A A A
JAKARTA - Ini adalah tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) akreditasi Unggul BAN PT di wilayah Jawa Tengah (LLDikti Wilayah 6). Daftar kampus yang sudah terakreditasi Unggul bagi calon mahasiswa baru.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan dengan Akreditasi Unggul di Indonesia, Pilih Akmil atau STIN?

Dalam dunia pendidikan tinggi, akreditasi merupakan salah satu indikator utama yang menunjukkan kualitas sebuah institusi. Bagi kampus swasta, memiliki akreditasi unggul bukan hanya sekadar prestise, tetapi juga menjadi keharusan untuk menjamin mutu pendidikan yang diberikan.

Baca juga: 15 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia Terakreditasi Unggul dari BAN-PT

Akreditasi unggul menandakan bahwa suatu kampus telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh badan akreditasi. Proses akreditasi melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek, seperti kurikulum, fasilitas, tenaga pengajar, dan sistem manajemen. Dengan memiliki akreditasi unggul, kampus swasta dapat menunjukkan bahwa mereka mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Baca juga: Daftar Terbaru 29 PTN Akreditasi Unggul se-Indonesia, Kampusmu Statusnya Apa?

Akreditasi unggul merupakan aspek krusial bagi kampus swasta untuk menjamin kualitas pendidikan, meningkatkan daya saing, mendapatkan dukungan dan pendanaan, serta membangun kepercayaan mahasiswa dan orang tua.

Dengan memiliki akreditasi unggul, kampus swasta dapat menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan berkualitas dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, industri, dan masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: Jakarta Punya 19 PTS Terbaik Terakreditasi Unggul, Ini Daftar Lengkapnya

Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berikut ini tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah yang berada di bawah lingkup LLDikti Wilayah 6 yang memiliki status akreditasi Unggul.

7 PTS Akreditasi Unggul di Jawa Tengah

1. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)


PTS yang memiliki tiga lokasi kampus ini yaitu di Semarang, Kediri, dan Lombok ini sudah terakreditasi Unggul BAN PT. Udinus memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Kesehatan, Teknik, dan Kedokteran.

2. Universitas Islam Sultan Agung (Unisssula)


Unissula adalah salah satu kampus swasta terakreditasi Unggul yang berada di Jalan Raya Kaligawe KM 4. Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah.

Fakultas yang tersedia di Unissula ada 12 fakultas. Seperti Kedokteran, Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Ilmu Keperawatan, Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Farmasi.

3. Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata)


Unika Soegijapranata memiliki dua lokasi kampus yang keduanya berada di Semarang. Kampus dengan akreditasi Unggul BAN PT ini memiliki 10 fakultas.

Kesepuluh fakultas tersebut adalah Teknik, Psikologi, Kedokteran, Bahasa dan Seni, Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Teknologi Pangan, Arsitektur dan Desain, Hukum dan Komunikasi, serta Fakultas Ilmu Teknologi dan Lingkungan.

4. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)


UKSW berada di Kota Salatiga dan memiliki status terakreditasi Unggul hingga 2027. UKSW memiliki 14 fakultas dan 63 jurusan kuliah. Tersedia 1 program D4, 43 program S1, 5 doktor, 13 magister, dan 1 program diploma.

5. Universitas Muhammadiyah Magelang


Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) berada di Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah ini terakreditasi Unggul. Unimma memiliki tujuh fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Agama Islam, Teknik, hingga Psikologi.

6. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)


PTS yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Purwokerto ini sudah terakreditasi Unggul BAN PT dengan masa kadaluarsa pada tahun 2028.

UMP memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi Bisnis, Pertanian dan Perikanna, Agama Islam, Psikologi

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


Universitas yang berdiri sejak tahun 1981 ini terakreditasi Unggul BAN PT dengan masa berlaku sampai 2026.

UMS memiliki 12 fakultas di antaranya Fakults Ekonomi dan Bisnis, Huku, Agama Islam, Teknik, Kedokteran, Komunikasi dan Informatika, Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Demikian 7 kampus swasta di Jawa Tengah dengan akreditasi Unggul BAN PT. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)