Cerita 2 Kepala Sekolah Kris dan Deni, Semangat Mengajar di Pelosok Perkebunan Sawit

Jum'at, 19 Juli 2024 - 19:46 WIB
loading...
Cerita 2 Kepala Sekolah...
SD Perdana Ketapang, Kalimantan Barat berada di pelosok perkebunan sawit. Foto/PSF.
A A A
JAKARTA - Tak ada yang pernah mengira bahwa dua SD yang berada di tengah-tengah perkebunan sawit di pelosok Kalimantan dapat memancarkan harapan baru akan pendidikan yang lebih baik berkat semangat mengajar dari para guru. Dua SD itu adalah SD Perdana Sukamara, Kalimantan Tengah dan SD Perdana Ketapang, Kalimantan Barat.

Kedua sekolah ini berjarak cukup jauh dari pusat kota, membuat peningkatan kualitas belajar dan mengajar menjadi terbatas. Para guru harus menyediakan waktu yang panjang untuk mendapatkan pelatihan di kota, para siswa juga kurang mendapatkan wadah untuk menyalurkan bakat di luar akademis mereka.

Baca juga: Kisruh PPDB 2024, Anak Pasutri Miskin Tuna Netra Ditolak Daftar Sekolah Negeri di Semarang

Akses informasi mengenai inovasi pendidikan yang tidak segera sampai kepada manajemen sekolah juga menimbulkan pemahaman yang tidak sempurna akan kurikulum terkini.

Banyaknya tantangan tersebut membuat Krisdiana, Kepala Sekolah SD Perdana Sukamara, dan Deny Ariyanto, Kepala Sekolah SD Perdana Ketapang, gigih memperjuangkan akses pendidikan yang layak bagi rekan-rekan guru, serta agar prestasi anak didiknya semakin baik di sekolah yang didirikan PT Sampoerna Agro Tbk ini.

Perjuangan akan Akses Peningkatan Pendidikan yang Mumpuni di Sukamara


Kris ingin rekan-rekan sejawatnya bisa memiliki pengetahuan terkini, terutama tentang Kurikulum Merdeka yang memang seharusnya dipahami dan diimplementasikan dalam proses pengajaran kepada siswa.

SD Perdana Sukamara yang terletak di tengah-tengah kebun sawit membatasi komunikasi dengan komunitas pendidikan yang kebanyakan berada di kota. Hal ini membuat informasi mengenai program pendidikan terbaru seringkali terlambat didapatkan.

Baca juga: Plus Minus Sekolah Negeri Vs Swasta, Orang Tua dan Siswa Perlu Tahu Sebelum Daftar PPDB 2024

Tahun 2022 menjadi momen perubahan besar bagi Kris dan SD Perdana Sukamara. Kris menemukan jalan keluar untuk mengurai masing-masing tantangan pendidikan. Untuk menjawab kebutuhan akan akses pelatihan guru, Kris dan guru-guru lainnya berkesempatan meningkatkan kompetensi guru secara daring sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang akrab, interaktif dan efektif.

Selain itu, Kris berkesempatan mendapatkan pelatihan dan pembinaan menyeluruh agar mempermudah akses peningkatan pendidikan di SD Perdana Sukamara.

Dua tahun kemudian, Kris dan para guru SD Perdana Sukamara lebih mudah beradaptasi dan berpacu dengan perkembangan penerapan Kurikulum Merdeka, para siswa lebih komunikatif, mampu mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah, dan mengasah minat serta bakat dalam after school programme.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)