Tugas Akhir Jadi Momok? Ini 5 Kampus yang Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:45 WIB
loading...
Tugas Akhir Jadi Momok?...
Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi.Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa skripsi kerap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Tak jarang dalam menyusun skripsi, mahasiswa harus revisi berkali-kali demi mendapatkan persetujuan atau acc dosen pembimbing.

Namun jangan khawatir, saat ini ada sejumlah perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya lulus tanpa mengerjakan skripsi karena memperbolehkan adanya tugas akhir lain.

Sekedar informasi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, pernah mengumumkan bahwa skripsi tidak lagi bersifat wajib sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4.

Jadi universitas mana saja yang memperbolehkan kelulusan tanpa skripsi? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi, simak ya!

5 Kampus yang Bisa Lulus Tanpa Skripsi


1. Universitas Negeri Yogya


Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi.Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur lulus non-skripsi ini.

Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas.Satu di antaranya dengan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur lulus non-skripsi ini.

Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas.Satu di antaranya dengan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Agar bisa lolos Pimnas, mahasiswa harus menjalankan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud.

2. Universitas Muhammadiyah Malang


Universita Muhammadiyah Malang (UMM) ini telah meluluskan 70 mahasiswa jalur non-skripsi. UMM memberikan kebebasan kepada mereka yang tidak ingin mengerjakan skripsi

3. LSPR Communication and Business Institute


London Shcool of Public Relations atau LSPR Communication and Business Institute memiliki dua sistem persyaratan kelulusan, skripsi dan non-skripsi.

Keduanya sama-sama sebuah karya tulis ilmiah atau laporan berdasarkan hasil penelitian mahasiswa mengenai suatu masalah atua fenomena sesuai minat dan latar belakang studinya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)