Profil Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, PTKIN Akreditasi A dari BAN-PT

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:14 WIB
loading...
Profil Universitas Islam...
PTKIN Akreditasi A dari BAN-PT satu-satunya untuk saat ini adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo yang berada di Semarang. Foto/YouTube UIN Walisongo Semarang.
A A A
SEMARANG - PTKIN Akreditasi A dari BAN-PT satu-satunya untuk saat ini adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo yang berada di Semarang. Pada dasarnya akreditasi A dari BAN-PT ini kurang lebih setara dengan akreditasi Unggul.

Baca juga: Kenalkan Imam, Mahasiswa Berprestasi Asal Batam Wisudawan Terbaik UIN Walisongo

UIN Walisongo mendapatkan akreditasi A melalui No SK 1137/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/V/2024. Akreditasi tersebut masih berlaku hingga 6 Maret 2029 mendatang.

Profil PTKIN Akreditasi A, UIN Walisongo


Universitas Islam Negeri Walisongo didirikan secara resmi tanggal 6 April 1970 melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan) No. 30 dan 31 tahun 1970.

Baca juga: Daftar Biaya Kuliah Top 5 PTKIN di Indonesia, Ada Kampus Impianmu?

Awalnya Perguruan Tinggi ini hanya memiliki 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yakni Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari'ah di Bumiayu, Fakultas Syari'ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga.

Nama awal kampus ini adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. Nama tersebut kemudian diganti menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo pada 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Raden Patah Palembang dan UIN Sumatera Utara.

Baca juga: Hadiri Dies Natalis ke-54 UIN Walisongo, Ini Pesan Menag untuk Sivitas Akademika

Kehadiran Universitas ini di Jawa Tengah sendiri tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat santri di Jawa Tengah akan terselenggaranya lembaga pendidikan tinggi yang menjadi wadah pendidikan pasca pesantren.

Saat ini UIN Walisongo terbagi menjadi tiga kampus yang berada di lokasi yang berbeda. Kampus pertama berada di Jalan Walisongo No 3-5 Semarang, kampus kedua ada di Jalan Prof. Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang, sedangkan kampus ketiga lokasinya sama dengan kampus kedua.

Baca juga: 9 PTKIN Akreditasi Unggul, Bisa Jadi Referensi Kampus Tujuan
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)