Ciptakan Daya Tarik Media Pembelajaran, Binus University Semarang Gelar Pelatihan AI Guru SMA

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:40 WIB
loading...
Ciptakan Daya Tarik...
Untuk menciptakan daya tarik pembelajaran, Binus University Semarang menggelar pelatihan AI di SMA Santo Bernardus Pekalongan, 22 Juli 2024. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Sebagai seorang pendidik , tentunya guru harus mempersiapkan diri untuk meningkatkan keterampilan pedagogis mereka sehingga sejalan dengan perkembangan pendidikan dan teknologi.

Salah satu aspek yang harus disiapkan saat ini adalah penguasaan AI (Artificial Intelegence). Binus University merupakan salah satu perguruan tinggi yang memberikan solusi inovatif dalam mengembangkan pendidikan yang transformatif.

Salah satu bentuk solusi tersebut dilakukan Binus University Semarang dengan memberikan transfer knowledge kepada sekolah-sekolah melalui pelatihan AI (Artificial Intelegence), seperti yang salah satunya yang diselenggarakan di SMA Santo Bernardus Pekalongan pada 22 Juli 2024 lalu.

Menurut Fredy Purnomo praktisi IT yang juga menjabat sebagai Campus Director Binus University Semarang, program ini diinisiasi Binus sebagai upaya memberdayakan sekolah agar dapat meningkatkan kapabilitas guru di bidang pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi.



Fredy menuturkan, untuk menyikapi masa depan, penguasaan AI menjadi primadona. Sebab dalam dunia pendidikan, AI juga dapat digunakan untuk proses belajar mengajar di antaranya adalah membuat konten belajar, membuat media belajar dan beberapa aplikasi penunjang belajar seperti Chat GPT, dan Co Pilot.

“Pengetahuan AI juga dapat diaplikasikan dalam pembuatan modul ajar sehingga guru dapat mengembangkan kreativitas dalam pengajaran agar adaptif, menyenangkan dan bermakna”,”ujar Freddy.

Freddy juga menyampaikan bahwa pelatihan ini sekaligus bertujuan untuk memberikan awareness kepada guru mengenai sisi positif dan negatif AI sehingga para guru dapat mengantisipasi dampak negatif yang muncul dari AI.

“Harapan kami, Binus bisa mendampingi dan menjadi partner dalam bidang pengembangan baik akademik maupun fasilitas yang dapat diberikan kepada para siswa yang belajar di SMA Bernardus Pekalongan, sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan – lulusan yang hebat” tuturnya
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)