Banjir Peminat, Pendaftar Beasiswa Santri 2024 Capai 8.000 Santri

Minggu, 28 Juli 2024 - 15:43 WIB
loading...
Banjir Peminat, Pendaftar...
Sebanyak 8.000 santri mendaftar Beasiswa Santri Berprestasi 2024. Hasil seleksi akan diumumkan 7 Agustus 2024 mendatang. Foto/Kemenag.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 8.000 santri mendaftar Beasiswa Santri Berprestasi 2024. Hasil seleksi beasiswa yang dikelola Kemenag ini akan diumumkan 7 Agustus 2024 mendatang.

Para santri ini berasal dari berbagai pesantren dari seluruh Indonesia. Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) Waryono Abdul Ghafur mengatakan, mereka telah lolos seleksi administrasi yang diumumkan 17 Juli 2024.

Baca juga: Beasiswa Santri 2024 Dibuka Hari Ini, Simak Syarat dan Ketentuannya

Tahap administrasi yang telah dilalui adalah berkas pendaftaran yang diunggah melalui website. Menurutnya, proses ini guna memastikan seluruh berkas yang dikirimkan telah memenuhi syarat dan valid.

"Seleksi administrasi ini guna menjamin peserta yang lulus ke tahap berikutnya benar-benar memiliki dokumen lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan," katanya, dikutip dari laman Kemenag, Minggu (28/7/2024).

Baca juga: Program Persiapan Beasiswa untuk Santri Pesantren Salafiyah Dibuka, Cek Syaratnya

Dia menambahkan, para santri yang lolos seleksi administrasi kemudian mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis untuk menghadapi tes tahap dua yakni Tes Berbasis Elektronik (TBE).

Tes Berbasis Elektronik digelar pada 20 Juli 2024. Hasilnya diumumkan pada 24 Juli 2024. Peserta yang lolos, berhak ikut tahap tes wawancara yang diadakan secara online pada 28-31 Juli 2024.

Baca juga: Kemenag-LPDP Anggarkan Rp80 M untuk 1.000 Kuota Beasiswa Santri, Cek Infonya

“Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan kitab kuning, wawasan kebangsaan, kemampuan akademik, dan hafalan yang meliputi Qur’an, Alfiyah, dan hadis Arbain,” sebut Waryono.

Proses seleksi dilakukan secara ketat, kata Waryono, dengan tujuan untuk memastikan bahwa para penerima beasiswa adalah santri-santri berkualitas dan layak menerima beasiswa.

Beasiswa Santri Berprestasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren dan memberikan kesempatan kepada para santri untuk mengembangkan potensi akademik mereka.

“Hasil akhir seleksi santri penerima beasiswa ini akan diumumkan pada 7 Agustus 2024. Dengan program ini, kami berharap para santri penerima beasiswa dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi santri lainnya di seluruh Indonesia, serta berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Tanah Air,” tandas Waryono.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)