10 Kampus Terbaik Jurusan Ilmu Komunikasi Versi THE WUR 2024, Ini Profesi Menjanjikan Alumninya

Senin, 05 Agustus 2024 - 08:00 WIB
loading...
10 Kampus Terbaik Jurusan...
. Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu program studi (prodi) favorit di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 universitas dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik versi THE WUR 2024. Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu program studi (prodi) favorit di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Artikel kali ini akan membahas 10 jurusan Ilmu Komunikasi versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2024, simak ya!

10 Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Versi THE WUR 2024


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Peringkat dunia : 501-200

2. Universitas Indonesia (UI)


Peringkat dunia : 501 - 600

3. Uiversitas Airlangga (Unair)


Peringkat dunia : 601 - 800

4. Binus University


Peringkat dunia : 801+

5. Universitas Brawijaya (UB)


Peringkat dunia : 801+

6. Universitas Diponegoro (Undip)


Peringkat dunia : 801+


7. Universitas Padjadjajaran (Unpad)


Peringkat dunia : 801+

8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Peringkat dunia : 801+

9. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)


Peringkat dunia : 801+

10. Universitas Negeri Malang (UM)


Peringkat dunia : 801+

Prospek Pekerjaan Lulusan Jurusan Komunikasi


1. Penyiar / Broadcaster


Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran atau broadcasting, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat.

2. Jurnalis


Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media.

3. Announcer dan presenter


Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak ramai, ini adalah bagian wajib yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain.

4. Master of Ceremony (MC)


Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan.

Unsur – unsur komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)