Satu Almamater dengan Jokowi, Ini 15 Pejabat Pemerintah Lulusan UGM

Senin, 05 Agustus 2024 - 11:58 WIB
loading...
Satu Almamater dengan...
Satu almamater dengan Presiden Jokowi, berikut ini 15 pejabat pemerintahan yang sama-sama lulus dari UGM. Foto/Dok/Humas UGM.
A A A
JAKARTA - Berikut ini 15 pejabat pemerintahan yang lulusan UGM . Tidak hanya Presiden Jokowi namun menteri dan sejumlah kepala badan juga alumni PTN yang berada di Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang sudah mendapat rekognisi internasional.

Baca juga: Mengapa Putri Ariani Pilih Kuliah di Fakultas Hukum UGM? Tujuan Mulia Ini Jadi Alasannya

Kampus yang saat ini dipimpin Rektor Ova Emilia ini memiliki banyak alumni terkenal yang sudah berkiprah di semua lini baik di nasional maupun internasional.

Berikut ini 15 pejabat pemerintah lulusan UGM yang dikutip dari berbagai sumber.

15 Pejabat Pemerintah Lulusan UGM

1. Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi merupakan alumnus UGM Fakultas Kehutanan yang lulus pada tahun 1985. Ia adalah mahasiswa UGM angkatan tahun 1980.

2. Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto


Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini adalah lulusan SMA Kolese Kanisius dan juga lulusan fakultas Teknik Mesin UGM.

3. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy


Muhadjir Effendy sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016.

Baca juga: Kisah Ulfa, Alumnus SMK Anak Tukang Ukir Lulus S2 UGM dengan IPK 3,89

Selain itu, dia juga pernah menjadi sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Tokoh penting di Muhammadiyah ini pernah menempuh pendidikan pascasarjana UGM dengan gelar Magister Administrasi Publik pada 1996.

4. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno


Pratikno sebelumnya pernah menjabat sebagai Rektor UGM periode 2012-2014. Pratikno merupakan lulusan Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM tahun 1985.

5. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung


Ia menempuh pendidikan S1 di Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung dan lulus pada 1988. Setelahnya, melanjutkan studi Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta hingga 1992. Sebelum diangkat sebagai Sekretaris Kabinet, Pramono Anung pernah menjadi anggota DPR di empat periode hingga tahun 2019.

6. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi


Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda ini didapuk menjadi menteri Luar Negeri perempuan pertama di negeri ini. Retno menjalani pendidikannya di Jurusan Hubungan Internasional Fisipol di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

7. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi


Budi Karya Sumadi menjadi Menteri Perhubungan sejak 2016 dan menggantikan Ignasius Jonan. Pria yang sudah malang melintang di berbagai proyek pembangunan kawasan di sekitar Jakarta merupakan lulusan jurusan arsitektur UGM.

8. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono


Menteri yang dijuluki “Daendels Baru” oleh Presiden Joko Widodo ini menempuh pendidikannya di Teknik Geologi UGM. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikannya di Colorado State University, Amerika Serikat.

9. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo


Sebelum menjabat menjadi Kepala BKKBN , Hasto adalah Bupati Kulon Progo yang menjabat pada periode 2011-2016 dan periode 2016-2019. Di UGM, dia adalah alumni S1 Fakultas Kedokteran lulus pada 1989. Hasto juga mengambil Spesialis 1 dan Spesialis II di Fakultas Kedokteran UGM.

10. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto


Imam Gunarto adalah alumni S1 Sastra Nusantara Fakultas Sastra UGM. Pria kelahiran Cilacap ini kemudian melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar Master di program Humaniora Fakultas Ilmu Budaya Undip.

11. Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai


Pria kelahiran Klaten ini menyelesaikan kuliah S1 di jurusan Geografi Fisik, Fakultas Geografi UGM. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Baca juga: Viral! Perempuan Lulusan UGM Rela Kerja Jadi Cleaning Service di Australia, Ternyata Ini Alasannya

Ia meraih gelar Master of Science (M.Sc.) di ITC (International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation), University Twente, Enschede, Belanda (2001–2003).

Gelar Doktor dalam bidang Geografi dan Bencana Alam (Dr.rer.nat) di Justus-Liebig-Universitaet, Giessen, Jerman (2005–2008), dan memperoleh gelar Guru Besar/Profesor dalam bidang Geomorfologi Bencana pada September 2013, di usia 37 tahun.

12. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Prof Dwikorita Karnawati


Wanita kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1964 ini meraih gelar Sarjana Teknik Geologi UGM pada tahun 1988. Rita yang juga mantan Rektor UGM ini kemudian melanjutkan studi ke Inggris.

Gelar Master of Engineering dan gelar PhD of Earth Sciences ia raih dari Leeds University.

13. Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto


Haryomo Dwi Putranto adalah lulusan S1 Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada tahun 1991. Ia lalu studi program S2 jurusan Ilmu Hukum di UGM dan lulus pada 2006.

14. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia


Rizka Andalusia saat ini rangkap jabatan sebagai Plt Kepala BPOM dan Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes. Ia lulusan Farmasi Universitas Airlangga dan meraih gelar Doktor UGM.

15. Kepala Badan Standar Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad


Kukuh lahir di Purbalingga, Jawa Tengah yang meraih gelar S1 Farmasi UGM pada 1988. Ia lalu melanjutkan pendidikan Profesi Apoteker UGM pada 1989. Kukuh lalu menimba ilmu ke Inggris, tepatnya di University of Humberside jurusan Food Technology pada 1994.

Demikian 15 pejabat pemerintahan lulusan UGM . Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)