Rekomendasi 6 PTKIN Terbaik di Jawa Timur, Nomor Satu Ada di Surabaya

Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:30 WIB
loading...
Rekomendasi 6 PTKIN...
Ini adalah enam PTKIN terbaik di Jawa Timur (Jatim) versi Webometrics 2024. Daftar PTKIN ini diharapkan bisa membantu calon mahasiswa menemukan kampus terbaik. Foto/UINSA.
A A A
JAKARTA - Ini adalah enam PTKIN terbaik di Jawa Timur (Jatim) versi Webometrics 2024. Daftar PTKIN ini diharapkan bisa membantu calon mahasiswa menemukan kampus terbaik.

PTKIN adalah singkatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Mirip-mirip dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sama-sama kampus negeri namun beda kementerian pengelola.

Baca juga: 10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Juli 2024, UIN Jakarta Nomor Berapa?

PTKIN merupakan sebutan bagi kampus yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Sementara PTN berada di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ada tiga kategori PTKIN. Yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), IAIN atau Institut Agama Islam Negeri, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri atau STAIN.

Baca juga: Deretan 5 Rektor PTKIN Terbaik di Indonesia, Kampusmu Nomor Berapa?

Meski PTKIN lekat dengan agama Islam namun PTKIN tidak hanya memberi materi ilmu agama Islam saja kepada mahasiswanya. Beberapa PTKIN sudah membuka jurusan umum seperti teknik, kedokteran, hingga pendidikan Bahasa.

Bagi Anda yang mengincar PTKIN di wilayah Jawa Timur untuk kuliah tahun depan, berikut ini enam PTKIN terbaik yang diambil daftarnya dari Webometrics edisi Juli 2024.

6 PTKIN Terbaik di Jawa Timur 2024

1. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya


UINSA yang terletak di pusat Kota Surabaya, Jawa Timur ini berada di ranking 72 terbaik di Indonesia dan 4.521 dunia di Webometrics 2024 edisi Juli.

Baca juga: Profil Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, PTKIN Akreditasi A dari BAN-PT

Kampus yang berdiri sejak tahun 1961 ini memiliki 10 fakultas yaitu Fakultas Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Psikologi dan Kesehatan, Sains dan Teknologi, Sosial dan Ilmu Politik, Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, Ushuluddin dan Filsafat, serta Pascasarjana.

2. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)


UIN Malang berada di peringkat 85 terbaik nasional dan 5.247 dunia di daftar Webometrics 2024 edisi Juli. UIN Malang memiliki sembilan fakultas seperti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Selain itu UIN Malang juga mempunyai Fakultas Sains dan Teknologi, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Syariah, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, dan Fakultas Pascasarjana.

3. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri


PTKIN yang berdiri sejak tahun 1961 ini berada di ranking 259 terbaik di Indonesia dan 7.191 dunia di Webometrics edisi Juli 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)