Kisah Ravidho, Pria Asal Riau Peraih Gelar Doktor Termuda dan Tercepat UGM

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 17:43 WIB
loading...
Kisah Ravidho, Pria...
Ravidho Ramadhan lulus dengan gelar doktor yang termuda dan tercepat UGM di wisuda Juli 2024. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Ravidho Ramadhan lulus dengan gelar doktor sebagai wisudawan termuda dan tercepat UGM di wisuda Juli 2024. Ia menempuh studi di jurusan Fisika UGM.

Ravidho lulus dan meraih gelar doktor di usia 26 tahun. Tak hanya itu, pria asal Teluk Balengkong, Indragiri Hilir, Riau ini juga meraih IPK 4.00 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM.

Baca juga: Frista Jadi Wisudawan Termuda S2 UGM, Masuk SD Usia 4 Tahun

Motivasi terbesar Ravidho datang dari keluarga, terutama ibu yang selalu menekankan pentingnya pendidikan. Secara akademis, dosen pembimbingnya Prof. Marzuki memberikan dampak besar dalam perkembangan akademisnya.

Sebagai anak pertama dan suami, ia bertekad menjadi panutan bagi orang-orang tercintanya. “Satu hal yang saya Yakini, Pendidikan adalah salah satu jalan paling masuk akal untuk meningkatkan taraf hidup kita dan keluarga di masa depan,” ujarnya, dikutip dari laman UGM, Jumat (9/8/2024).

Anak Transmigran


Ravidho tinggal di Desa Tunggal Rahayu Jaya, Riau, sebuah desa transmigrasi dengan keterbatasan akses listrik. Ia memulai pendidikan di sekolah dasar dekat tempat tinggalnya di usia 5 tahun.

Kemudian lanjut SMP masih dekat dengan rumahnya namun memasuki jenjang SMA Ravidho harus mencari sekolah di kabupaten kota.

Baca juga: Cerita Chyta, Lulusan Doktor Termuda Prodi Manajemen Pendidikan UNJ

Dari Riau, ia lanjut studi pendidikan tinggi ke Kota Padang, tepatnya di Universitas Andalas jurusan Fisika. Menariknya, ia lulus kuliah S1 dan S2 hanya dalam kurun waktu lima tahun saja.

“Saya menyelesaikan Pendidikan S1 dan S2 pada Jurusan Fisika Universitas Andalas melalui program Fast Track sehingga dapat menyelesaikan studi S1 dan S2 selama 5 tahun,” tuturnya.

Baca juga: Ini Maya Nabila, Wisudawan Doktor Termuda ITB dari Jurusan Matematika
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)