Deretan Gubernur Jakarta Lulusan UGM, Nomor 3 Langkahnya Terancam Terhenti di Pilkada 2024

Minggu, 11 Agustus 2024 - 19:08 WIB
loading...
Deretan Gubernur Jakarta...
Ada tiga gubernur Jakarta lulusan UGM. Ada yang lulusan jenjang sarjana dan ada yang pasacasarjana dari fakultas yang berbeda-beda. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ini adalah tiga gubernur Jakarta lulusan UGM . Ada yang lulusan jenjang sarjana dan ada yang pasacasarjana dari fakultas yang berbeda-beda.

Baca juga: 4 Gubernur Jakarta Era Jokowi, dari Ahok hingga Heru Budi

Jakarta akan menjadi kota yang akan menyelengarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang bersama 37 provinsi dan 508 kabupaten kota lainnya.

Terkait dengan calon pemimpin Jakarta ini, ada tiga gubernur Jakarta yang sama-sama lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini gubernur Jakarta lulusan UGM.

3 Gubernur Jakarta Lulusan UGM

1. Joko Widodo (Jokowi)


Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia ke-7 yang akan berakhir masa jabatannya di tahun ini adalah mantan Gubernur Jakarta yang terpilih pada 2012 lalu sebelum terpilih menjadi Presiden di Pilpres 2014.

Baca juga: Pilkada Jakarta, Gibran: Kita Doakan yang Terbaik untuk Kaesang, Pak RK, Anies

Jokowi, mantan Wali Kota Solo kelahiran Surakarta, Jawa Tengah 21 Juni 1961 ini adalah alumnus Fakultas Kehutanan UGM.

Statusnya sebagai alumnus UGM sempat dipertanyakan dan menjadi kontroversi. Namun pihak Rektorat UGM mengklarifikasi bahwa Jokowi adalah benar alumnus S1 Fakultas Kehutanan UGM tahun 1985 yang sesuai dengan data dan dokumentasi UGM.

2. Djarot Saiful Hidayat


Djarot Syaiful Hidayat adalah mantan Plt Gubernur Jakarta sejak 9 Mei 2017 menggantikan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang divonis penjara selama dua tahun karena kasus penodaan agama.

Baca juga: 4 Gubernur Jakarta yang Dulunya Wagub dari Henk Ngantung hingga Djarot Saiful Hidayat

Politikus PDIP ini menjabat gubernur hanya sekitar empat bulan saja dan menjadi salah satu Gubernur Jakarta dengan masa jabatan terpendek.

Mantan Wali Kota Blitar ini kuliah jenjang sarjana di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Ia kemudian lanjut untuk meraih gelar Master (S2) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM pada tahun 1991.

3. Anies Baswedan


Pria yang bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969 yang juga cucu dari pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan atau dikenal dengan nama AR Baswedan.

Anies adalah lulusan Fakultas Ekonomi UGM pada 1989. Anies melanjutkan pendidikannya ke Amerika Serikat yakni di University of Maryland dan Northern Illinois University. Anies menjabat sebagai gubernur Jakarta periode 2017-2022.

Baca juga: Anies Baswedan Kian Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada Jakarta

Menuju Pilkada Jakarta 2024, Anies yang sebelumnya diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju di Pilgub Jakarta terancam terhenti langkahnya menyusul PKS yang cenderung bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mengalihkan dukungannya dari Anies.

Demikian tiga gubernur Jakarta lulusan UGM . Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3642 seconds (0.1#10.140)