5 Kampus Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT, Gagal PTN Bisa Jadi Pilihan

Rabu, 14 Agustus 2024 - 07:30 WIB
loading...
5 Kampus Swasta dengan...
UII Yogyakarta menjadi salah satu kampus swasta yang memiliki jurusan Psikologi terbaik menurut lembaga BAN PT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 kampus swasta dengan jurusan Psikologi terbaik di Indonesia versi BAN-PT. Jurusan kuliah Psikologi saat ini lambat laun menjadi salah satu program studi (Prodi) favorit di universitas negeri maupun swasta.

Hanya saja saat ini tak mudah memilih jurusan Psikologi terbaik karena rata-rata hampir semua universitas baik negeri maupun swasta sudah banyak membuka jurusan ini. Salah satu yang bisa dijadijan acuan adalah data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Artikel kali ini akan membahas 5 universitas swasta dengan jurusan Psikologi terbaik versi BAN PT, simak ya!

5 Kampus Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik Versi BAN PT


1. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta


Psikologi UII telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Melalui kegiatan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Jurusan Psikologi UII juga mengusung keunggulan Psikologi Islami.

2. Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta


Untar ini meraih akreditasi Unggul dari BAN PT yang berlaku sejak 19 September 2023-15 November 2027. Untar menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mendukung kreativitas mahasiswa. Seperti student exchange, konferensi nasional dan internasional, penelitian, magang serta pengabdian masyarakat atau KKN.

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


UMM juga memiliki jurusan psikologi terbaik dengan akreditas A. Sejak 2008, Psikologi UMM memiliki 3 program studi. Sarjana Psikologi, Magister Sains Psikologi dan Magister Profesi Psikologi.

Selain itu, Psikologi UMM juga membuka kelas internasional. Untuk menegaskan jalan rekognisi internasional sebagai pusat kajian psikologi terapan berbasis nilai-nilai Islam di Asia Tenggara.

4. Universitas 17 Agustus 1045 Surabaya (Untag)


Fakultas Psikologi Untag memiliki misi menghasilkan lulusan sarjana psikologi yang kompetensinya diakui secara nasional dan internasional. Ada 4 program studi psikologi. Sarjana, Magister Psikologi, Magister Psikologi Profesi dan Pendidikan Profesi psikologi.

5. Universitas Bina Nusantara (Binus University)


Fakultas Psikologi Binus University memberikan kesempatan pada kelulusan mahasiswa dengan prospek kerja yang luas. Seperti HRD, Konsultan karir, dosen psikolog, psikoterapis, UX analyst hingga market researcher.


Prospek Kerja Lulusan Psikologi


1. Human Resource Development (HRD)


HRD (Human Resource Development) adalah sebuah bidang pekerjaan yang sangat penting dalam dunia bisnis di Indonesia. Sebagai HRD, tanggung jawab utama adalah mengelola karyawan dan sumber daya manusia di sebuah perusahaan.

2. Psikolog


Profesi psikolog adalah sebuah bidang pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu psikologi dan memiliki peran penting dalam membantu orang untuk memahami dan mengatasi masalah psikologis.

3. Headhunter


Tugas utama seorangheadhunteradalah mencari dan merekrut kandidat yang tepat untuk posisi tertentu dalam perusahaan. Lulusan psikologi memiliki keunggulan dalam memahami perilaku dan karakteristik manusia sehingga dapat memberikan kontribusi dalam melakukan analisis dan penilaian terhadap kualifikasi kandidat yang tepat untuk posisi tertentu.

4. Profiler


Prospek kerja jurusan psikologi selanjutnya mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang, yaitu sebagaiprofiler. Dalam bidang keamanan, psikologi seringkali diaplikasikan untuk membantu mengidentifikasi pelaku kejahatan dengan cara membuat profil mereka. Oleh karena itu, jurusan psikologi memiliki prospek karier yang menjanjikan sebagaiprofiler.

5. Management Trainee


Sebagaimanagement trainee, para lulusan psikologi akan mengikuti program pelatihan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan manajemen dan kepemimpinan mereka. Mereka akan bekerja di berbagai departemen, seperti pemasaran, keuangan, atau sumber daya manusia, untuk memperoleh pemahaman yang luas tentang bisnis.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)