Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kaltim di HUT ke-79 RI, Prabowo dan Gibran Pakai Baju Daerah Mana?

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 12:07 WIB
loading...
Jokowi Kenakan Pakaian...
Berikut ini baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada HUT ke-79 RI. Foto/YouTube Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Baju adat menjadi ketentuan wajib dalam setiap upacara bendera Hari Kemerdekaan RI. Berikut ini baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Prabowo Subianto Pakai Baju Adat Ujung Serong Khas Betawi di HUT ke-79 RI IKN

Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini nampak berbeda karena diselenggarakan di dua tempat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pembina upacara Hari Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara bersama para menteri, termasuk Prabowo Subianto yang akan dilantik menjadi Presiden ke-8 RI Oktober 2024 mendatang.

Baca juga: Pimpin Upacara 17 Agustus 2024, Jokowi dan Ibu Negara Pakai Baju Adat Kustin dari Kalimantan Timur

Sementara Wapres Ma'ruf Amin akan memimpin jalannya upacara bendera Hari Ulang Tahun ke-79 RI tahun ini di Istana Negara, Jakarta. Ma'ruf Amin ditemani oleh Gibran Rakabuming, yang akan tercatat dalam sejarah menjadi Wakil Presiden dengan usia paling muda saat terpilih.

Baca juga: Pakai Baju Baduy, Menteri Pendidikan Upacara Kemerdekaan di SMAN 1 Rangkasbitung

Keempatnya mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia saat menghadiri upacara bendera HUT ke-79 RI di IKN dan Istana Negara, Jakarta.

1. Baju Adat Joko Widodo (Jokowi) di HUT ke-79 RI


Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi pada Upacara HUT ke-79 RI di IKN memakai baju adat Kalimantan Timur, baju adat Kustin yang merupakan warisan Kesultanan Kutai. Jokowi terlihat gagah dan Iriana nanmpak elegan dan memukau dibalut baju adat tersebut.

Baju adat Kustin ini berwarna dominan hitam dan terbuat dari kain beludru atau linen. Pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas.

Iriana dan Jokowi juga senada mengenakan kain batik bernuansa coklat yang mempermanis tampilan. Nampak unsur warna emas juga begitu senada dan match pada keduanya.

2.Baju Adat Ma'ruf Amin di HUT ke-79 RI


Wapres Ma'ruf Amin dan Istri Wury Ma'ruf Amin menghadiri upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta. Keduanya memakai baju adat khas Pontianak, Kalimantan Barat.

Ma’ruf Amin mengenakan baju Teluk Belanga dengan perpaduan warna oranye dan kuning emas yang cerah. Sementara Wury begitu modis dengan baju berwarna oranye yang senada dengan tampilan Wapres.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)