Cerita Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka HUT ke-79 RI di IKN

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:29 WIB
loading...
Cerita Livenia Evelyn...
Livenia Evelyn Kurniawan, Paskibraka pembawa baki pada Upacara Bendera HUT ke-79 RI di IKN. Foto/YouTube Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Dalam momen bersejarah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia , Livenia Evelyn Kurniawan , seorang pelajar asal Kalimantan Timur, mencatatkan namanya sebagai salah satu sosok yang akan dikenang. Ini sekelumit cerita Livenia yang menjadi Paskibraka yang bertugas di IKN.

Baca juga: Nama dan Asal Sekolah Anggota Paskibraka sebagai Pengibar Bendera Merah Putih Pertama di IKN

Pada Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Paskibraka Nasional yang berasal dari Kaltim mendapat kehormatan untuk menerima bendera pusaka merah putih dari Presiden Jokowi yang bertugas menjadi inspektur upacara.

Paskibraka pembawa baki tersebut bernama Livenia Evelyn Kurniawan. Dari baki yang ia bawa, bendera pusaka pun diterima oleh pasukan pengibar bendera untuk dikibarkan. Upacara Kemerdekaan RI 2024 ini pun menjadi saksi sejarah bendera Merah Putih pertama kali berkibar di IKN.

Baca juga: Daftar Nama Tim Nusantara Baru Bakal Kibarkan Sang Merah Putih di IKN

Dikutip dari YouTube BPIP, Livenia bercerita mengenai awal mulai ia menjadi Paskibraka, tantangan, dan pengalaman yang paling berkesan.

Livenia, yang lahir di Samarinda pada 22 Juni 2008, saat ini bersekolah di SMA Katolik Santo Fransiskus, Kalimantan Timur. Sejak kecil, ia sudah bercita-cita menjadi bagian dari Paskibraka .

"Dari SD, saya sudah aktif mengikuti ekstrakurikuler Paskibraka dan upacara di sekolah," ujarnya. Cita-cita ini akhirnya terwujud ketika ia berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat kota hingga nasional.

Seleksi yang diikuti Livenia tidaklah mudah. Dari seleksi di tingkat kota hingga provinsi, ia harus melalui serangkaian tes fisik, wawasan kebangsaan, dan parade.

Baca juga: Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka 2024 di IKN, Ini Nama-namanya

"Puji Tuhan, saya bisa lolos ke tingkat provinsi dan menjadi salah satu perwakilan Kalimantan Timur yang mengikuti verifikasi ulang di Jakarta," katanya.

Kegigihan dan semangatnya berbuah manis. Pada 22 Juni , Livenia menerima kabar bahwa ia lolos seleksi akhir dan resmi menjadi Paskibraka nasional.

Mengharumkan Nama Kalimantan Timur di Panggung Nasional


Di balik kesuksesannya, Livenia juga harus menghadapi berbagai tantangan. Sebagai anggota OSIS di sekolahnya, ia harus pintar membagi waktu antara kegiatan sekolah dan latihan Paskibraka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)