16 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA, Cek sebelum Daftar 20 Agustus

Minggu, 18 Agustus 2024 - 08:45 WIB
loading...
16 Formasi CPNS 2024...
Rekrutmen CPNS 2024 yang dijadwalkan dibuka 20 Agustus bukan hanya untuk lulusan perguruan tinggi, tetapi juga lulusan SMA. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar16 Formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA . Rekrutmen CPNS 2024 yang dijadwalkan dibuka 20 Agustus bukan hanya untuk lulusan perguruan tinggi, tetapi juga lulusan SMA. Tahun ini, terdapat beberapa formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA. Formasi apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

16 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA


1. Pengelola Penanganan Perkara, Kejaksaan RI


PNS Pengelola Penanganan Perkara bertugas melakukan kegiatan penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan di bidang pidana. PNS juga bertugas menyiapkan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan bidang intelijen penyelenggara penegakan hukum, perdata dan TUN, serta tindak pidana militer.

2. Penjaga Tahanan, Kejaksaan RI


PNS Penjaga Tahanan bertugas menjaga, membina, mengawal, dan mengelola tahanan. Formasi ini dibuka untuk lulusan SMA dan yang sederajat.

3. Pengadministrasi Rekam Medis dan Informasi, Badan Intelijen Negara (BIN)


Formasi ini ditempatkan di unit kerja Pusat Intelijen Medik BIN pada 2021. Lulusan SMA dan sederajat dapat mendaftar.

4. Asisten Penata Kelola Intelijen, BIN


PNS Asisten Penata Kelola Intelijen BIN bertugas memberi dukungan teknis penyelenggaraan intelijen sesuai bidang tugas masing-masing. Formasi CPNS ini dibuka untuk lulusan SMA/sederajat.

5. Penjaga Tahanan, Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM)


Formasi CPNS lulusan SMA dan yang sederajat di KemenkumHAM ini menerapkan syarat usia 18-28 tahun pada rekrutmen CASN tahun lalu. Pelamar dapat lulus dari satuan pendidikan/sekolah/madrasah di bawah naungan Kemendikbudristek, Kemenag, atau dari luar negeri dengan syarat ijazah sudah disetarakan Kemendikbudristek.

6. Pemula-Kataloger, Kementerian Pertahanan (Kemenhan)


PNS Kataloger adalah PNS yang bertugas melakukan kegiatan kodifikasi materiil sistem National Stock Number (Nomor Sediaan Nasional/NSN). Kodifikasi sistem NSN adalah sistem manajemen perbekalan dengan memberikan kode spesifik dan unik bersifat seragam dan universal bagi materiil/bekal sehingga bisa dikomunikasikan ke seluruh pengguna katalogisasi di dalam maupun luar negeri.

7. Operator Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)


PNS Operator Sumber Daya bertugas untuk mengoperasikan dan memelihara infrastruktur sumber daya air. Contohnya seperti di bendungan, waduk, irigasi, dan drainase. Formasi ini dibuka untuk lulusan SMA jurusan IPA atau SMK jurusan teknik.


8. Penilik Jalan, Kementerian PUPR


PNS Penilik Jalan bertugas melaksanakan, mengamati, dan memanfaatkan jalan serta kondisi jalan setiap hari. Mereka juga bertugas dalam verifikasi laporan kerusakan jalan. Laporan pengamatan jalan disampaikan ke penyelenggara jalan atau instansi. Formasi ini dibuka untuk pelamar CPNS lulusan SMA jurusan IPA dan SMK jurusan teknik.

9. Operator Alat Berat, Kementerian PUPR


PNS Operator Alat Berat bertugas memeriksa kelengkapan dan pengoperasian alat berat. Formasi ini dapat dilamar lulusan SMA/sederajat.

10. Operator Layanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes)


PNS Operator Layanan KesehatanKemenkes bertugas untuk melakukan kegiatan pengoperasian layanan teknis. Formasi ini dapat dilamar lulusanSLTA dan yang sederajat.

11. Polisi Khusus Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)


PNS Polisi Khusus Cagar Budaya memiliki tugas patroli di kawasan cagar budaya sesuai wilayah hukum. Mereka juga bertugas memeriksa dokumen pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya, serta menerima dan membuat laporan tindak pidana terkait cagar budaya. Contohnya seperti pencurian di museum. Formasi ini terbuka untuk lulusan SMA/sederajat.

12. Penata Pameran, Kemendikbudristek


PNS Penata Pameran bertugas mengoptimalkan peran museum sebagai komunikator benda koleksinya. Mereka terlibat dalam persiapan, penyelenggaraan, dan pascapenyelenggaraan museum. Formasi CPNS SM ini dibuka untuk lulusan jurusan teknik bangunan, desain grafis, dan multimedia.

13. Personel Operasional Bandar Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)


PNS Personel Operasional Bandar Udara bertugas memeriksa dan mengumpulkan pesan pergerakan dan pergerakan keberangkatan. Ia juga bertugas menyusun rencana penerbangan bersama awak pesawat, serta mendokumentasikannya dengan otoritas bersangkutan.

Formasi ini terbuka untuk pelamar CPNS lulusan SMA dan SMK jurusan teknis mesin, listrik, mekanika, teknik sipil, penerbangan, teknik industri, elektronika, dan komputer.

14. Personel Teknik dan Operasional Penerbangan, Kemenhub


PNS Personel Teknik dan Operasional Penerbangan memiliki tugas perawatan fasilitas keamanan penerbangan, serta menjaga keamanan dan kenyamanan operasional penerbangan. Lulusan SMA dan SMK jurusan teknik mesin atau listrik bisa mendaftar.

15. Pengawas Salvage dan Pekerjaan di Bawah Air, Kemenhub


Formasi CPNS Pengawas Salvage dan Pekerjaan di Bawah Air dapat dilamar lulusan SMA/sederajat. Kegiatan salvage yaitu memberikan pertolongan pada kapal serta muatan yang mengalami kecelakaan kapal/keadaan bahaya di perairan. Pertolongan ini termasuk mengangkat kerangka kapal, rintangan bawah air, atau benda lainnya.

Sementara itu, pekerjaan bawah air adalah kerja yang berhubungan dengan instalasi, konstruksi, atau kapal yang dikerjakan di bawah air. Pekerjaan bawah air juga meliputi penggunaan peralatan bawah air yang dioperasikan dari permukaan air. PNS jabatan ini menjalani pelatihan penyelaman, salvage, pekerjaan bawah air, dan lainnya.

16. Teknisi Menara Suar, Kemenhub


Formasi CPNS lulusan SMA/sederajat di Kemenhub ini bertugas mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran dengan memastikan cahaya menara suar tetap aktif menerangi pelaut dalam bernavigasi di wilayah-wilayah se-Indonesia, termasuk di batas teritorial negara dan daerah terpencil.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)