5 Profesi Menjanjikan Lulusan Sastra Inggris, Gaji Antara Rp5-Rp15 Juta

Senin, 26 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Profesi Menjanjikan...
Profesi seorang translator atau penerjemah menjadi salah satu profesi yang banyak digeluti lulusan Sastra Inggris ketika masuk dunia kerja. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 profesi menjanjikan bagi lulusan Sastra Inggris yang diprediksi memiliki gaji Rp5 juta hingga Rp15 juta. Sastra Inggris merupakan suatu program studi yang mempelajari tentang bahasa Inggris dan kesastraan linguistik lebih dalam.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari banyak teori, mulai dari karya-karya sastra Inggris, sejarah, hingga analisis. Lulusan Sastra Inggris bisa jadi kerja apa? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Profesi Menjanjikan Bagi Lulusan Sastra Inggris


1. Content Writer


Content writer adalah sebuah pekerjaan menulis konten semenarik mungkin baik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.
Media untuk penulisan content writer dapat dilakukan melalui website, majalah, newspaper, instagram, dan lain-lain. Kisaran gaji perbulan untuk seorang content writer ada di angka Rp3 hingga Rp5 juta per bulan.

2. Translator atau Penerjemah


Pekerjaan ini mungkin sudah tidak asing didengar dan sebagai salah satu pekerjaan yang paling banyak dipilih oleh lulusan Sastra Inggris. Menjadi seorang penerjemah memiliki pekerjaan untuk menerjemahkan dokumen, buku, atau script. Di sebuah perusahaan pekerjaan yang satu ini bisa dibayar mulai dari Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulan.

3. Editor


Menjadi seorang editor pun bisa dijalani oleh mahasiswa yang lulus dari jurusan Sastra Inggris. Editor memiliki pekerjaan untuk merevisi berbagai tulisan yang ada di dalam media cetak, maupun media sosial.Menjadi seorang editor biasanya akan digaji di kisaran angka Rp4 juta hingga Rp6 juta per bulan, namun gaji tersebut dapat disesuaikan dengan

4. UX Writer


UX writer bekerja untuk membuat kata-kata untuk situs website atau aplikasi agar user bisa dengan mudah menggunakan website atau aplikasi perusahaan. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini biasanya ada di kisaran angka Rp6 juta hingga Rp15 juta per bulan.

5. Pengajar Sastra Inggris


Prospek kerja yang terakhir bagi lulusan Sastra Inggris bisa menjadi seorang guru atau dosen untuk program studi Sastra Inggris.

Kenapa Pilih Jurusan Sastra Inggris?


1. Kecintaan terhadap bahasa Inggris


Jika kamu menyukai bahasa Inggris dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, jurusan Sastra Inggris adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini akan mengajarkan Anda tentang berbagai aspek bahasa Inggris, mulai dari tata bahasa, fonologi, hingga semantik sampai dengan kegunaannya untuk industri saat ini.

2. Minat terhadap karya sastra


Jika kamu menyukai karya sastra, jurusan Sastra Inggris juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini akan mengajarkan Anda tentang berbagai aspek karya sastra, mulai dari sejarah, teori, kritik, hingga analisis sampai dengan memproduksinya.

3. Prospek kerja yang luas


Lulusan jurusan Sastra Inggris memiliki prospek kerja yang luas. Kamu dapat bekerja di berbagai bidang, seperti penerjemah, editor, jurnalis, peneliti, dan penulis, juga pekerjaan kekinian seperti penulis naskah (iklan, film pendek), penulis konten digital (social media writer, digital content writer, SEO writer), sekretaris, marketing staff, public relation staff, Instruktur bahasa Inggris (membuka kelas online, mengajar di sekolah nasional plus atau internasional)
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)