Catat! 20 Kementerian dan Lembaga yang Tak Syaratkan Nilai TOEFL di CPNS 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 - 06:42 WIB
loading...
Catat! 20 Kementerian...
Kementerian Polhukam RI termasuk salah satu instansi pemerintah yang tak menyebutkan syarat khusus berupa nilai TOEFL di CPNS 2024. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini daftar 20 kementerian dan lembaga yang tak mensyaratan nilai TOEFL di CPNS 2024. Seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 yang telah dimulai sejak 20 Agustus hingga 6 September menjadi gerbang pertama bagi peserta menuju tahapan selanjutnya.

Di tahap ini, ada sejumlah berkas persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya nilai tes bahasa Inggris berupa TOEFL, IELTS atau sejenisnya. Apakah semua instansi di CPNS 2024 mensyaratkan nilai TOEFLN atau sertifikat Bahasa Inggris lain? Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 20 kementerian/lembaga yang tidak mensyaratkan TOEFL di CPNS 2024, simak ya!

Kementerian dan Lembaga yang Tak Syaratkan Nilai TOEFL di CPNS 2024


1. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Dalam pengumuman resminya, Kemenko Perekonomian RI tak menuliskan syarat nilai TOEFL dan sebagainya. Adapun berkas-berkas yang harus diunggah antara lain pasfoto terbaru, kartu tanda penduduk (KTP), surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, bukti akreditasi kampus, dan surat pernyataan pelamar.

2. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

Kementerian Polhukam RI juga termasuk instansi yang tak menyebutkan syarat khusus berupa nilai TOEFL. Tahun ini, ada sebanyak 80 lowongan CPNS di kementerian ini dengan 24 posisi mulai dari analis hukum hingga pustakawan ahli pertama.

3. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)

Beberapa dokumen yang harus dimiliki untuk daftar CPNS Kemenkop UKM RI yaitu surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip nilai, pasfoto, dan surat pernyataan. Meski ada syarat khusus, tapi tak disebutkan syarat nilai TOEFL dan sebagainya.

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub RI juga termasuk instansi yang tak mensyaratkan nilai TOEFL. Kemenhub lebih menekankan pada nilai minimal IPK pada setiap formasinya.

5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2556 seconds (0.1#10.140)