Catat! 20 Kementerian dan Lembaga yang Tak Syaratkan Nilai TOEFL di CPNS 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 - 06:42 WIB
loading...
Catat! 20 Kementerian...
Kementerian Polhukam RI termasuk salah satu instansi pemerintah yang tak menyebutkan syarat khusus berupa nilai TOEFL di CPNS 2024. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini daftar 20 kementerian dan lembaga yang tak mensyaratan nilai TOEFL di CPNS 2024. Seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 yang telah dimulai sejak 20 Agustus hingga 6 September menjadi gerbang pertama bagi peserta menuju tahapan selanjutnya.

Di tahap ini, ada sejumlah berkas persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya nilai tes bahasa Inggris berupa TOEFL, IELTS atau sejenisnya. Apakah semua instansi di CPNS 2024 mensyaratkan nilai TOEFLN atau sertifikat Bahasa Inggris lain? Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 20 kementerian/lembaga yang tidak mensyaratkan TOEFL di CPNS 2024, simak ya!

Kementerian dan Lembaga yang Tak Syaratkan Nilai TOEFL di CPNS 2024


1. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Dalam pengumuman resminya, Kemenko Perekonomian RI tak menuliskan syarat nilai TOEFL dan sebagainya. Adapun berkas-berkas yang harus diunggah antara lain pasfoto terbaru, kartu tanda penduduk (KTP), surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, bukti akreditasi kampus, dan surat pernyataan pelamar.

2. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

Kementerian Polhukam RI juga termasuk instansi yang tak menyebutkan syarat khusus berupa nilai TOEFL. Tahun ini, ada sebanyak 80 lowongan CPNS di kementerian ini dengan 24 posisi mulai dari analis hukum hingga pustakawan ahli pertama.

3. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)

Beberapa dokumen yang harus dimiliki untuk daftar CPNS Kemenkop UKM RI yaitu surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip nilai, pasfoto, dan surat pernyataan. Meski ada syarat khusus, tapi tak disebutkan syarat nilai TOEFL dan sebagainya.

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub RI juga termasuk instansi yang tak mensyaratkan nilai TOEFL. Kemenhub lebih menekankan pada nilai minimal IPK pada setiap formasinya.

5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Tahun 2024, KLHK RI membuka formasi cukup banyak yakni 3.066. Tak perlu khawatir jika ingin daftar CPNS di KLHK karena tak ada syarat khusus TOEFL.

6. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham RI tak menjadikan nilai TOEFL atau IELTS sebagai syarat pendaftaran CPNS 2024. Namun, perlu diperhatikan ada nilai minimal IPK yang berlaku misalnya untuk jabatan widyaiswara ahli pertama minimal IPK 2,75.

7. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

Hampir semua formasi CPNS di Kemenpora RI tak mensyaratkan nilai TOEFL/IELTS untuk mendaftar. Tahun ini, kementerian ini membuka lowongan CPNS yang cukup minim yakni sebanyak 53 orang.

8. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg)

Beberapa berkas persyaratan CPNS di Kemensetneg RI antara lain pasfoto terbaru, kartu tanda penduduk (KTP), surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, bukti akreditasi kampus, dan surat pernyataan pelamar. Tak ada syarat khusus berupa nilai TOEFL/IELTS dan sebagainya.

9. Kementerian Pertanian (Kementan)

Pelamar CPNS di Kementan RI tak memerlukan sertifikat atau nilai tes bahasa Inggris. Namun, perlu diperhatikan bahwa Kementan mematok minimal nilai rapor dan IPK untuk setiap jenjang mulai dari lulusan SMK, D3, hingga S2.



10. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Syarat nilai TOEFL tak berlaku bagi pelamar CPNS di Kemenkeu RI. Walau begitu, pada beberapa jabatan pelamar diharuskan memiliki sertifikat keterampilan tertentu yang berhubungan dengan bidang yang dipilihnya.

11. Kementerian Sosial (Kemensos)

Kemensos RI juga termasuk kementerian yang tidak mensyaratkan nilai bahasa Inggris pelamar. Tahun ini, Kemensos membuka formasi sebanyak 683 posisi.

12. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Bawaslu RImemberikan kesempatan CPNS bagi lulusan D3, D4, S1, dan S2. Dalam syarat yang tertera dalam pengumuman, tak ada nilai tes bahasa Inggris yang perlu dipenuhi oleh pelamar.

13. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

BPOM RI tak menetapkan nilai TOEFL atau tes bahasa Inggris lain sebagai syarat daftar CPNS 2024. Adapun syarat tambahan yang harus dipenuhi pelamar adalah surat rekomendasi, video singkat, paspor dan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

14. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Selain berkas persyaratan umum CPNS, pelamar di BPK RIharus memenuhi syarat khusus lainnya. Untuk syarat TOEFL sendiri tak disebutkan dalam rincian dokumen persyaratan CPNS BPK 2024.

15. Setjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas)

Nilai tes bahasa Inggris tak menjadi salah satu syarat daftar CPNS di Wantannas. Pelamar cukup memenuhi syarat administrasi berupa pasfoto terbaru, kartu tanda Penduduk (KTP), surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, bukti akreditasi kampus, dan surat pernyataan pelamar.

16. Badan Pangan Nasional (Bapanas)

Bapanas RI membuka lowongan CPNS tahun 2024 sebanyak 162 formasi. Tak perlu khawatir, Bapanas yang menjadikan nilai tes bahasa Inggris sebagai syarat untuk melamar.

17. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

Bagi pelamar yang ingin mendaftar CPNS di LPSK harus memenuhi syarat umum dokumen daftar CPNS 2024. Adapun syarat khusus diperuntukkan bagi jabatan tertentu dan nilai TOEFL tak disebutkan.

18. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

BPIP membuka lowongan CPNS sebanyak 53 formasi pada tahun ini. Sama seperti kementerian atau lembaga di atas, pelamar CPNS BPIP tak membutuhkan nilai tes bahasa Inggris untuk daftar.

19. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

LAN membuka formasi CPNS 2024 sebanyak 114 posisi . Beberapa syarat administrasi yang harus diunggah saat daftar di antaranya surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip nilai, pasfoto, surat pernyataan diri melamar, dan surat keterangan dokter.

20. Setjen DPR RI

Persyaratan daftar CPNS di Setjen DPR RI cukup umum dan tak mensyaratkan nilai TOEFl atau tes bahasa Inggris. Syarat-syarat dokumennya yaitu surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip nilai, pasfoto, dan surat pernyataan diri melamar.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6142 seconds (0.1#10.140)