Catat! Ini Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMP yang Perlu Diketahui

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:07 WIB
loading...
Catat! Ini Formasi CPNS...
Bukan hanya untuk lulusan universitas dan SMA/SMK sederejat saja, sejumlah instansi pemerintah membuka formasi untuk lulusan SMP ddi seleksi CPNS 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini info Formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMP yang perlu diketahui. Bukan hanya untuk lulusan universitas dan SMA/SMK sederejat saja, sejumlah instansi pemerintah membuka formasi untuk lulusan sekolah menengah pertama (SMP) dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024.

Tahun ini, instansi yang membuka kebutuhan dengan kualifikasi pendidikan minimal SMP atau sederajat adalah pemerintah daerah. Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMP


Berdasarkan berbagai sumber, semua lowongan untuk lulusan SMP tersedia untuk jabatan Juru Pelihara Cagar Budaya. Juru Pelihara Cagar Budaya adalah tenaga kerja yang bertugas memelihara, serta menjaga keamanan dan keselamatan cagar budaya agar tidak hilang, hancur, rusak, atau musnah.

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jabatan ini memiliki kewenangan untuk menegur dan mengingatkan pengunjung yang tidak sesuai dengan prosedur pelestarian cagar budaya. Guna menjadi Juru Pelihara Cagar Budaya, seseorang harus memiliki sikap kerja teliti, cermat, tekun, dan dapat bekerja sama.

Dihimpun dari laman sscasn.bkn.go.id, berikut sejumlah instansi pemerintah yang membuka lowongan untuk lulusan SMP:

1. Pemerintah Kabupaten Barito Utara


Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membuka pengadaan CPNS 2024 untuk lulusan SMP atau sederajat. Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Bidang Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Berikut perinciannya:

• Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

• Total kebutuhan: 10 formasi

• Gaji/penghasilan: Rp1,5 juta-Rp3 juta

2. Pemerintah Kabupaten Lingga


Posisi Juru Pelihara Cagar Budaya juga dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Dengan penempatan satuan kerja di Bidang Sejarah, Pelestarian Cagar Budaya, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan, berikut perincian formasinya:

• Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

• Total kebutuhan: 9 formasi

• Gaji/penghasilan: Rp1.918.700-Rp2.718.700.

3. Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya


Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, juga menyediakan posisi Juru Pelihara Cagar Budaya bagi lulusan SMP atau sederajat. Jabatan ini akan ditempatkan di Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan perincian:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 1 formasi

Gaji/penghasilan: Rp2.299.800-Rp2.819.500.


4. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan


Formasi Juru Pelihara Cagar Budaya juga dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di Pulau Nias, Sumatera Utara. Dengan penempatan satuan kerja di Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kepemudaan Olahraga, berikut perincian formasinya:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 1 formasi

Gaji/penghasilan: Rp2,4 juta-Rp3,5 juta.

4. Pemerintah Kabupaten Seluma


Pemerintah Kabupaten Seluma, Bengkulu, menyediakan jabatan Juru Pelihara Cagar Budaya bagi lulusan SMP atau sederajat. Jabatan ini akan ditempatkan di Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan perincian:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 7 formasi

Gaji/penghasilan: Rp2,5 juta-Rp5 juta.

6. Pemerintah Kabupaten Simalungun


Pemerintah Kabupaten Simalungun di Provinsi Sumatera Utara juga membuka formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMP. Dengan penempatan di Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, berikut perinciannya:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 3 formasi

Gaji/penghasilan: Rp1.685.700-Rp3.400.000.

7. Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah


Jabatan Juru Pelihara Cagar Budaya yang dibuka Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, akan ditempatkan di Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Berikut perincian formasinya:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 2 formasi

Gaji/penghasilan: Rp1,5 juta-Rp3 juta

8. Pemerintah Kota Lhokseumawe


Instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS 2024 untuk lulusan SMP selanjutnya adalah Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh. Dengan penempatan di Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, formasi Juru Pelihara Cagar Budaya terbuka bagi pelamar umum dan penyandang disabilitas.

Berikut perincian formasinya:

Jabatan: Juru Pelihara Cagar Budaya

Total kebutuhan: 2 formasi (umum) dan 1 formasi (penyandang disabilitas)

Gaji/penghasilan: Rp 2 juta-Rp 4 juta.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)