Riwayat Pendidikan Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Berpulang di Usia 65 Tahun

Kamis, 05 September 2024 - 09:33 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Faisal...
Ini adalah riwayat pendidikan Faisal Basri. Ekonom senior itu baru saja berpulang pada Kamis (5/9/2024) dini hari pada usia ke-65 tahun. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ini adalah riwayat pendidikan Faisal Basri . Ekonom senior itu baru saja berpulang pada Kamis (5/9/2024) dini hari pada usia ke-65 tahun.

Sebelumnya, kabar itu diketahui dari intelektual NU, Nadirsyah Hosen, yang mengunggah postingan melalui akun X (dulu Twitter) di @na_dirs. Dalam postingan itu, Hosen mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Faisal Basri.

Baca juga: Kabar Duka, Ekonom Senior Faisal Basri Meninggal Dunia

"Turut berduka cita atas wafatnya Bang @FaisalBasri tokoh yg selalu menyuarakan nurani untuk perbaikan bangsa," demikian tulis Hosen dalam akun X pribadinya, Kamis (5/9/2024).

Selama hidupnya, Faisal Basri dikenal luas sebagai sosok ekonom dan politikus Indonesia. Salah satu keponakan dari mantan Wakil Presiden Adam Malik ini juga memiliki riwayat pendidikan yang mentereng. Berikut ulasannya.

Baca juga: Faisal Basri Meninggal Dunia, Mahfud MD: Sejarah Hidupmu Jadi Vitamin Berharga bagi Gen Y dan Z

Riwayat Pendidikan Faisal Basri


Faisal Basri lahir di Bandung, Jawa Barat pada 6 November 1959. Saat remaja, ia pernah bersekolah di SMA Negeri 3 Jakarta.

Kemudian, Faisal melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Ia memilih Program Studi S-1 Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Faisal Basri, Ekonom Senior yang Kritis dan Jernih Menganalisis Persoalan Ekonomi

Faisal menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Indonesia pada 1985. Selama menjadi mahasiswa, ia aktif dalam berbagai kegiatan kampus, termasuk terlibat gejolak melawan Normalisasi Kegiatan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) era Orde Baru.

Tak berhenti di situ, Faisal melanjutkan studi ke Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Ia lulus dari kampus tersebut pada 1988 dengan gelar magister of arts (MA).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)