Riwayat Pendidikan Prof Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dan Mantan Rektor UGM yang Jelaskan Mitigasi Kenaikan Air Laut

Jum'at, 06 September 2024 - 13:48 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Prof...
Ini riwayat pendidikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Prof Dwikorita Karnawati. Foto/Dok/Setkab.
A A A
JAKARTA - Ini riwayat pendidikan Prof Dwikorita Karnawati . Ia adalah mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) yang sejak 2017 lalu menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam kanal YouTube Kemkominfo TV, BMKG menekankan pentingnya kolaborasi negara berkembang di kawasan selatan-selatan untuk membangun daya tahan terhadap potensi peningkatan permukaan air laut.

Baca juga: Tercatat 7 Kali Gempa Megathrust, Kepala BMKG: Miliki Rentang Waktu 200 Tahun

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam High Level forum on multi stakeholder Partnership Indonesia dan Afrika 2024 mengungkapkan jika selama satu dekade terakhir, permukaan air laut di Indonesia mengalami kenaikan mencapai hingga 10 mm per tahun.

Peningkatan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata peningkatan air laut global yang hanya 4,7 mm per tahun. Diperkirakan 115 pulau kecil di Indonesia akan terendam jika permukaan laut terus naik pada tingkat saat ini.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Berpulang di Usia 65 Tahun

Menyikapi hal itu BMKG telah melakukan pelatihan berupa prakiraan meteorologi, tsunami dan program lain terkait keamanan pesisir laut dan bencana.

Riwayat Pendidikan Prof Dwikorita Karnawati


Dwikorita Karnawati yang lahir pada 6 Juni 1964, tercatat pernah bersekolah di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya ke UGM dan memperoleh gelar Sarjana Teknik Geologi di tahun 1988.

Perempuan asal Yogyakarta ini kemudian melanjutkan pendidikannya di Leeds University, Inggris dan mendapatkan gelar Master of Engineering Geology pada tahun 1992.

Baca juga: Kepala BMKG Sebut Bandara YIA Disiapkan Mampu Hadapi Gempa dan Tsunami

Puncaknya, wanita yang akrab disapa Rita tersebut berhasil mendapat gelar Ph.D of Earth Sciences dari Leeds University, Inggris pada tahun 1996.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)