Tim Unair Dorong UMKM Desa Besur Penuhi Legalitas Usaha, Go Digital dan Go Global

Selasa, 10 September 2024 - 14:55 WIB
loading...
Tim Unair Dorong UMKM...
Pelatihan pemasaran digital disampaikan dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair, Dr. Tri Siwi Agustina. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) mengadakan pogram pengabdian kepada masyarakat di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini mendukung Pemberdayaan Islamic Sociopreneurship pada UMKM menuju Go-Digital dan Global selama 3 pekan terhitung pada 22 Agustus – 8 September 2024 dan masih akan berlangsung sampai dengan akhir tahun.

Kegiatan ini terlaksana karena dukungan DRTPM Kemendikbudristek melalui Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat Tahun 2024.

"Program pengabdian masyarakat ini merupakan program berkelanjutan kami tim Unair dalam tiga tahun terakhir. Kami berharap pelaku usaha UMKM mampu meningkatkan kapasitas usaha Go Global dan Go Digital. Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak perangkat desa Besur dan mitra kami LAZ Al-Azhar Jawa Timur," kata ketua Tim Pengmas, Tika, Senin (9/9/2024)

Aktivitas pemberdayaan disusun dengan beberapa tahapan, diantaranya pelatihan pemasaran digital pada Kamis, 22 Agustus 2024. Pelatihan ini ditujukan pada pelaku UMKM Desa Besur sebagai upaya untuk memberdayakan sekaligus mengentaskan kemiskinan melalui konsep pengembangan yang sustainable pada perekonomian desa.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mulai mengenal perkembangan teknologi, menyediakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Pelaksanaan kegiatan ini juga membantu masyarakat Desa Besur untuk meningkatkan pemahaman mengenai konsep manajemen Islamic sociopreneurship mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, sampai pemasaran.

Pelatihan pemasaran digital dilaksanakan di Balai Desa Besur oleh tim Unair, LAZ Al-Azhar dan aparatur desa. Materi pelatihan disampaikan dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Dr. Tri Siwi Agustina dengan judul materinya yaitu “Konten Produk Makanan dan Minuman yang Menarik”.



Pada materi tersebut, dipaparkan tips dan trik yang dapat dilakukan UMKM untuk memenangkan hati konsumen sekaligus menunjukkan cara bersaing dengan kompetitor produk lain.

Materi ini penting untuk dibagikan pada era sekarang yang telah banyak didominasi oleh teknik pemasaran di dunia digital dan maraknya teknik marketing di media sosial.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)