Riwayat Pendidikan Gus Ipul, Mensos yang Baru Saja Dilantik

Jum'at, 13 September 2024 - 08:35 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Gus...
Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (kiri) diwawancara media usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/9/2024). Foto/Raka Dwi Novianto.
A A A
JAKARTA - Gus Ipul atau pemilik nama lengkap Saifullah Yusuf ini resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial ( Mensos ) yang baru. Ia menggantikan Tri Rismaharini yang maju sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada Jatim.

Pelantikan Gus Ipul menjadi Mensos ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Gus Ipul Jadi Mensos

Gus Ipul sebenarnya bukanlah sosok baru di panggung politik Indonesia, sebelumnya ia sempat menduduki posisi sejak 26 Februari 2021. Dirinya kini juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) periode 2022-2027.

Selain itu, pria asal Pasuruan ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur pada tahun 2009-2019, dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Indonesia pada 2004-2007.

Riwayat Pendidikan Gus Ipul


Dari riwayat kariernya tersebut, Gus Ipul adalah anggota Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) NU yang memiliki riwayat pendidikan mumpuni.

Baca juga: Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Jelang Akhir Kekuasaan, Jokowi Punya Hubungan Spesial dengan PBNU

Putra dari pasangan H. Ahmad Yusuf Cholil dengan Hj. Sholichah Hasbulloh tersebut diketahui telah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Nasional, Jakarta pada tahun 1985.

Ketika masih menjadi mahasiswa, Saifullah Yusuf dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan organisasi. Tercatat jika ia sempat dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta periode 1990-1992.

Baca juga: Sertijab, Muhadjir Effendy Serahkan Jabatan Mensos ke Gus Ipul

Tidak hanya itu, ia juga pernah menduduki posisi Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) periode 1990-1995. Dari situlah dia melanjutkan karirnya di Gerakan Pemuda Ansor.

Pria yang merupakan kerabat dari Gus Dur ini menjadi ketua umum GP Ansor selama dua periode yaitu 2000-2005 dan dilanjutkan 2005-2010. Sebelumnya juga ia menjadi plh Ketua Umum GP Ansor menggantikan Iqbal Assegaf yang meninggal dunia tahun 1999.

Setelah selesai menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor dia terpilih menjadi salah satu Ketua di PBNU di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil Siradj.

Demikan riwayat pendidikan Gus Ipul , Mensos RI yang baru. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)