Guru dan Siswa di Ambon Ikuti Workshop Makin Cakap Digital

Sabtu, 14 September 2024 - 10:28 WIB
loading...
Guru dan Siswa di Ambon...
Guru dan siswa di Kabupate Ambon, Maluku mengikuti workshop daring Makin Cakap Digital untuk Dalami Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial, Kamis (12/9/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
AMBON - Guru dan siswa SD serta SMP di Kabupate Ambon, Maluku mengikuti workshop daring Makin Cakap Digital untuk Dalami Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial. Para peserta berasal dari SD Negeri 4 Hative Besar, SD Negeri 1 Rumah Tiga, SD Negeri 2 Hative Besar, dan SMP 15 Ambon.

Webinar Makin Cakap Digital 2024 dengan tema Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial ini menghadirkan tiga narasumber. Mereka yakni Ilham Baladraf (CEO Satmaka Raharja) dengan membawakan pilar keamanan digital, Hayuning Sumbadra (Direktur PT Energi Mengikuti Imajinasi) membawakan pilar budaya digital, dan Vizza Dara (public figure) dengan pilar keamanan digital.

Workshop daring berlangsung dari jam 10.00-12.00 WIT. Dua pilar literasi digital yaitu keamanan digital dan budaya digital dihadirkan untuk mempertajam keahlian guru dan murid di dunia digital. Menkonminfo Budi Arie Setiadi yang membuka webinar menyapa DigiFriends dan menyampaikan tujuan diadakannya workshop daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 26 ini.

Budi Arie mengatakan, pengguna internet di Indonesia naik secara signifikan di setiap tahun. Tahun ini Indonesia mendapatkan indeks 3.59 dari 5 untuk tingkat literasi digital dengan kata lain memasuki tahap sedang. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang berada di indeks 3.54.

”Dengan adanya kegiatan Makin Cakap Digital 2024 ini diharapkan dapat mendongkrak indeks di tahun mendatang supaya semakin baik lagi dan indeks keseluruhan masyarakat Indonesia naik di mata dunia,” kata Budi Arie, Kamis (12/9/2024).

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Hokky Situngkir mengajak guru dan siswa sekolah di Ambon untuk bersemangat memperkaya diri dengan ketrampilan digital sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan digital.
Menurutnya, penggunaan internet tidak dapat dihindari, terutama media sosial (medsos) yang sudah menjadi media komunikasi yang bisa diakses kapan saja dan memberikan kemudahan sekaligus tantangan tersendiri.

”Karenanya saya mengajak para peserta seminar workshop Makin Cakap Digital 2024 untuk serius dan menimba ilmu sebanyak mungkin pada hari ini agar ketrampilan yang dimiliki semakin terasah,” ujarnya.
“Kenapa sih perlu untuk mengamankan akun media sosial kita? Ada 5 hal yang harus kita perhatikan, yaitu sebagai perlindungan data pribadi, mencegah penyalahgunaan, pentingnya privasi, menjaga reputasi online dan konten yang aman,” kata Vizza Dara.

Sementara itu, Vizza Dara menjelaskan bagaimana caranya menjaga keamanan akun sosial media. Di antaranya dengan memakai password yang kuat, dan harus rajin-rajin ganti password, minimal 3 bulan sekali. Kemudian wajib juga membedakan password media sosial dengan email.

Tidak memberikan password ke orang lain kecuali orang tua dan ingat untuk log out jika tidak memakai perangkat pribadi. Yang tak kalah penting, perhatikan link yang diterima, jangan asal klik. Jangan juga install aplikasi dari sumber tidak resmi.

Vizza kemudian mengutip Jure Klepic ”What happens in Vegas stays in Vegas, what happens on Twitter stay on Google forever”. ”Nah dari sini kita bisa menyimpulkan untuk berhati-hati dalam melakukan apapun di media sosial. Workshop ditutup dengan pengumuman pemenang gimmick berupa uang elektronik bagi Digifriends penanya terbaik yang beruntung,” ujarnya.

Workshop akan dilanjutkan di hari lain dengan tema yang berbeda dan bermanfaat bagi kehidupan dan keseharian Digifriends yang akan diisi oleh penggiat literasi yang sudah berpengalaman. DigiFriends Maluku-Papua jangan sampai ketinggalan mengikuti workshop daring yang rutin diadakan kemenkominfo hingga menjelang akhir tahun 2024 nanti.

DigiFriends dapat mengakses informasi tentang jadwal, pendaftaran dan registrasi workshop daring Literasi Digital Segmen Pendidikan Maluku-Papua di media sosial instagram @newsjubi dan @tribunsorong. Untuk jadi yang pertama tahu tentang informasi penting seputar Makin Cakap Digital 2024, Digifriends bisa follow media sosial (medsos) Literasi Digital Kominfo melalui akun instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fanpage: Literasi Digital Kominfo, youtube: Literasi Digital Kominfo, dan website literasidigital.id.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)