Bingung Pilih Prodi? 6 Tipe Kepribadian Ini Bisa Jadi Acuan untuk Pilih Jurusan yang Cocok

Senin, 16 September 2024 - 09:30 WIB
loading...
Bingung Pilih Prodi?...
Memilih jurusan kuliah selama ini selalu dikaitkan dengan passion seseorang atau kesukaan terhadap bidang tertentu.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 tipe kepribadian yang bisa menjadi acuan untuk memilih jurusan kuliah yang cocok. Memilih jurusan kuliah selama ini selalu dikaitkan dengan passion seseorang atau kesukaan terhadap bidan tertentu.

Tapi tahukah kamu, ternyata dari segi kepribadian disebut-sebut juga bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan. Mengutip akun Instagram @akupintar.id, artikel kali ini akan membahas 6 kepribadian yang berhubungan dengan jurusan yang cocok untuk calon mahasiswa, simak ya!

6 Tipe Kepribadian yang Bisa Menjadi Acuan untuk Pilih Jurusan Kuliah yang Cocok


1. Realistic (R)


Orang dengan tipe ini memiliki cara berpikir praktis. Jujur dan tidak bertele-tele. Namun ketika memberikan informasi akan mencoba sespesifik mungkin.

Jurusan yang cocok : Teknik Industri dan Teknik Informatika.

2. Investigative (I)


Seorang pengamat serta bisa memberikan solusi yang baik. Rasa ingin tahunya tinggi dan juga kritis.Meski demikian, tetap terbuka menerima informasi dan suka belajar.

Jurusan yang cocok : Psikologi dan Guru.

3. Artistic (A)


Kreatif, mencintai seni, suka menulis, memproduksi film hingga bermain peran. Tertarik jika ada kesempatan untuk bisa mengekspresikan diri, melalui sesuatu yang kreatif serta suka berimajinasi.

Jurusan yang cocok : Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual dan Sastra.


4. Sosial (S)


Sangat peduli dengan orang lain, lebih tertarik dengan hubungan interpersonal antar anggota kelompok.Tipe yang bersahabat, penuh pengertian dan kooperatif.

Jurusan yang cocok : Guru, Kedokteran, Psikologi.

5. Enterprising (E)


Menyukai aktivitas yang mempersepsikan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.Mampu menyampaikan pendapat dengan tepat. Bisa memotivasi dan menyakinkan orang lain agar bisa menyelesaikan tugasnya. Ambisius, berani dan percaya diri. Beberapa orang mengincar posisi atau jabatan sebagai atasan.

Jurusan yang cocok : Manajemen Bisnis, Ekonomi, Akuntansi.

6. Conventional (C)


Terorganisir, rapi, sistematis dan suka bekerja untuk membuat segala sesuatunya tetap teratur. Dipercaya dalam hal administrasi, organisasi dan berhubungan dengan angka.

Jurusan yang cocok : Administrasi, Matematika, Statistika
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)