Selamat! Tim Anargya ITS Pertahankan Gelar Juara di FSAE Japan 2024

Rabu, 18 September 2024 - 09:15 WIB
loading...
Selamat! Tim Anargya...
Tim Anargya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil mempertahankan gelar juara di ajang Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) Japan 2024. Foto ilustrasi/Ist
A A A
SURABAYA - Kabar gembira buat civitas akademika ITS. Tim Anargya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil mempertahankan gelar juara di ajang Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) Japan 2024.

Tim meraih satu gelar juara untuk cabang lomba Presentation Event dan Top 10 untuk kelas Electrical Vehical (EV).Info lengkap terkait hal ini akan dibahas artikel berikut, simak ya!

FASE Ajang Kompetisi Mobil Listrik Dunia


FSAE Japan merupakan kompetisi bagi mahasiswa dari seluruh dunia untuk membangun mobil formula listrik. Kompetisi tersebut menuntut tim peserta memperhatikan aspek teknis, konsep desain, biaya, dan pemasaran mobil.

Tim Anargya ITS merupakan satu-satunya dari Indonesia dan harus bersaing dengan 75 tim dari Jepang, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan China.

Mengutip laman resmi ITS disebutkan, terdapat dua kategori pada kompetisi ini, yakni Static Event dan Dynamic Event. Pada Static Event, tim mempresentasikan analisis desain, biaya, dan strategi bisnis dari mobil formula listrik yang telah dikembangkan.

Dalam kompetisi ini strategi tim ITS dalam Presentation Event yaitu dengan pendekatan digital dan lingkungan. Pemanfaatan human-like-technology sebagai alat pemasaran mampu meningkatkan penjualan mobil hingga 23 persen.



Dari segi lingkungan, tim merancang daur ulang bahan semikonduktor untuk komponen mobil yang memberikan dampak lingkungan sebesar 70 persen. Timnya juga menjalani serangkaian inspeksi teknis baik dari segi elektrik maupun mekanik mobil.

Mobil besutan ITS yakni Anargya EV Mark 4.0, aman dari kebocoran dan tidak terguling di sudut kemiringan ekstrem sebesar 60 derajat pada saat tilt test. Untuk rain test, mobil bermassa 298 kilogram tersebut dihujani air selama 2 menit dan diobservasi keberfungsian komponennya.

Keberhasilan tim Anargya ITS di FSAE Jepang 2024 tidak lepas dari kerja keras seluruh anggota tim dan dukungan penuh dari berbagai pihak, terutama ITS yang selalu mendorong inovasi di tingkat internasional. Ia memandang kiprah timnya di kompetisi tersebut sebagai motivasi untuk terus berinovasi dan mengharumkan nama ITS serta Indonesia di ajang internasional berikutnya.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)