6 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Besar Kerja di BUMN, Gaji Memadai

Sabtu, 21 September 2024 - 16:02 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang...
Lulusan jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang berpotensi besar kerja di perusahaan BUMN. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 6 jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi besar kerja di BUMN. Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi impian banyak angkatan kerja lulusan perguruan tinggi.

Kenapa BUMN? Tidak hanya gaji yang pasti, peluang karier yang ditawarkan membuat banyak orang ingin bisa bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Dikutip dari laman lspr.ac.id, artikel kali ini akan membahas daftar 6 jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi besar kerja di BUMN, simak ya!

6 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Besar Kerja di BUMN


1. Ilmu Komunikasi


Jurusan ini mempelajari berbagai aspek komunikasi manusia, seperti komunikasi media, organisasi, hingga interpersonal. Mahasiswa akan diberi pemahaman tentang bagaimana informasi, pesan, serta citra dapat disampaikan dengan efektif.

Lulusan jurusan ini sangat penting dalam membangun citra perusahaan. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai humas, mengelola media sosial perusahaan, hingga mengembangkan strategi pemasaran di BUMN.

2. Ekonomi


Jurusan ini mempelajari tentang konsep dasar ekonomi, keuangan, bisnis, dan manajemen. Mahasiswa akan diberi pemahaman bagaimana perusahaan beroperasi di pasar global dan bagaimana mengambil keputusan yang efektif.



Lulusan Ekonomi sangat dibutuhkan di banyak perusahaan BUMN. Setelah lulus kamu bisa bekerja sebagai analis kebijakan, manajemen keuangan, dan pengembangan bisnis di Pertamina atau KAI.

3. Ilmu Hukum


Jurusan ini mempelajari hukum serta peraturan yang mengatur masyarakat dan bisnis. Mahasiswa harus memahami sistem hukum, etika hukum, serta penegakan hukum.

Pengetahuan hukum yang kuat dibutuhkan untuk mematuhi peraturan dan mengelola permasalahan hukum. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai penasihat hukum perusahaan atau terlibat dalam proses perundang-undangan di perusahaan BUMN.

4. Teknik Sipil


Saat ini ada banyak perusahaan BUMN yang bergerak di sektor konstruksi. Kebanyakan perusahaan tersebut diisi oleh lulusan Teknik Sipil.

Mahasiswa di jurusan ini akan belajar tentang perencanaan, desain, konstruksi, serta pemeliharaan infrastruktur fisik seperti gedung dan jembatan. Contoh perusahaan BUMN diantaranya PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya.

5. Pertambangan


Mahasiswa akan diberi pemahaman tentang prinsip pertambangan, pengelolaan sumber daya alam, hingga teknologi yang digunakan. Lulusan Pertambangan bisa terlibat dalam pengelolaan sumber daya alam yang berharga, manajemen operasi tambang, hingga penelitian eksplorasi. Saat ini ada beberapa perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan. Misalnya Freeport dan Antam.

6. Manajemen


BUMN merupakan perusahaan besar berskala nasional yang membutuhkan keterampilan kepemimpinan serta manajemen yang baik. Oleh karena itu, lulusan Manajemen sangat dibutuhkan berbagai perusahaan BUMN.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)