Tia Rahmania yang Dipecat PDIP adalah Dosen Psikologi, Ini Jejak Pendidikannya

Kamis, 26 September 2024 - 10:44 WIB
loading...
Tia Rahmania yang Dipecat...
Nama Tia Rahmania saat in menjadi trending karena dipecat PDIP hingga akhirnya batal menjadi anggota DPR. Foto/kolase Instagram Tia Rahmania.
A A A
JAKARTA - Nama Tia Rahmania saat in menjadi trending karena dipecat PDIP hingga akhirnya batal menjadi anggota DPR. Berikut ini profil pendidikan Tia.

Sebelumnya situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) memuat surat keputusan mengenai pembatalan anggota DPR Terpilih 2024 yang pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 lalu mendapatkan 37.359 suara.

Baca juga: Caleg Terpilih Tia Rahmania yang Dipecat PDIP Sebelumnya Viral Permalukan Nurul Ghufron KPK

Tia adalah caleg nomor urut 2 Dapil 1 Banten Pandeglang-Lebak yang mendapatkan suara terbanyak. Kini setelah ia terdepak karena dipecat PDIP, posisinya akan digantikan Bonnie Triyana yang dikenal sebagai sejarawan yang mendapat 36.516 di Pileg 2024.

Tia viral di X karena pada sebuah acara ia memotong Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron yang diundang sebagai pemateri antikorupsi.

Baca juga: Profil Tia Rahmania yang Batal Jadi Anggota DPR Karena Dipecat PDIP

Tia mengatakan, pemaparan Ghufron membuatnya pusing karena kasus Ghufron yang melanggar etika dan dihukum Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Setelah melakukan protes, ia pun walkout.

Profil Pendidikan Tia Rahmania


Tia Rahmania, lahir di Kota Palangkaraya, 30 Maret 1979. Dikutip dari berbagai sumber, dia saat ini adalah sivitas akademika Universitas Paramadina, sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di bilangan Jakarta Selatan.

Tia Rahmania, yang dikenal sebagai psikolog tergabung di Fakultas Psikologi Universitas Paramadina. Ia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban periode 2017-2022.

Baca juga: Unggahan Terakhir Tia Rahmania Sebelum Batal Jadi Anggota DPR Karena Dipecat PDIP: Siap Bertempur

Perempuan berhijab ini juga menduduki posisi Sekretaris Prodi Psikologi Universitas Paramadina periode 2013-2016. Ketua Banteng Muda Provinsi Banten itu diangkat menjadi Kepala Prodi Psikologi Universitas Paramadina periode 2017-2022.

Tia saat ini aktif mengajar sebagai dosen Psikologi di kampus yang pernah dipimpin oleh Anies Baswedan tersebut. Ketua Umum Esport Indonesia Kabupaten Pandeglang itu menempuh pendidkan dasar di SDN Langkai 12.

Kemudian ia lanjut sekolah di SMPN 2 dan berseragam putih abu-abu di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Lulus SMA Tia hijrah ke Jakarta untuk kuliah S1 dan S2 di jurusan Psikologi.

Demikian profil pendidikan Tia Rahmania yang dipecat PDIP hingga akhirnya batal menjadi anggota DPR. Semoga informasi ini bermanfaat bagi penbaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)