Fakultas Kedokteran UIN Jakarta Kantongi Izin Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Kamis, 26 September 2024 - 13:25 WIB
loading...
Fakultas Kedokteran...
(FK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara resmi berhasil mengantongi izin pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Foto/UIN Jakarta
A A A
CIPUTAT - Fakultas Kedokteran (FK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara resmi berhasil mengantongi izin pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.

Izin ini menjadikan Fakultas Kedokteran UIN Jakarta paling pertama menyelenggarakanPendidikan Dokter Spesialis di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan RSUP Fatmawati dan RSPG Cisarua sebagai rumah sakit pendidikan.

Informasi keberhasilan FK UIN Jakarta mengantongi izin pembukaan Pendidikan Dokter Spesialis disampaikan langsung Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Achmad Zaki M.Epid., Sp.OT. FICS dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

“Izin kami menyampaikan kabar baik bahwa hari ini kami telah resmi menerima SK Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi,” ujar Achmad Zaki dalam keterangan resminya, Rabu (25/9/2024).



Izin pembukaan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 474/E/0/2024 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Program Spesialis pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Keputusan Menteri ini terbit dengan memperhatikan sejumlah hal.

Diantaranya, Surat Permohonan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor B2906/R/PP.00.9/09/2023 tanggal 14 September 2023, surat Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Nomor 1758/LL4/KL.00.00/2203 tanggal 4 Oktober 2023, dan hasil validasi terhadap persyaratan minimum akreditasi pembukaan program studi dimaksud.

Zaki menambahkan, dikantonginya izin ini menjadikan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran UIN Jakarta sebagai program pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. “Program di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta ini menjadi PPDS pertama di lingkungan PTKIN,” tandasnya.

Dia berharap kehadiran program spesialis ini dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, khususnya bidang pulmonologi dan kedokteran respirasi. “Kami berharap, hadirnya Program Pendidikan Dokter Spesialis ini, FK UIN Jakarta dapat mencetak tenaga medis yang tidak hanya kompeten secara klinis, tetapi juga berlandaskan nilai-nilai integritas dan spiritualitas,” harapnya.

Kehadiran program spesialis ini, imbuhnya, juga menjadikan Fakultas Kedokteran UIN Jakarta dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas untuk mendukung keberhasilan program ini. “Mohon dukungan dari sivitas akademika Fakultas Kedokteran, Pimpinan UIN Jakarta maupun Kementerian Agama RI dalam upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajarannya,” imbuhnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)