Apa Itu Gelar Lc yang Banyak Dimiliki Ustaz di Indonesia? Ini Arti dan Singkatannya

Jum'at, 27 September 2024 - 11:18 WIB
loading...
Apa Itu Gelar Lc yang...
Ustaz Abdul Somad menjadi salah satu pendakwan atau tokoh masyarakat Indonesia yang memiliki gelar Lc. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini arti gelar Lc yang kerap menempel di belakang nama profesi ustaz atau mubalik di Indonesia. Sejumlah ustaz atau pendakwah atau tokoh tokoh public di Indonesia memiliki gelar Lc di belakang namanya.

Salah satu dai kondang yang memiliki gelar Lc adalah Ustaz Abdul Somad, Lc, Ph.D. Meski sering terlihat, tetapi tak sedikit yang belum mengetahui apa arti gelar Lc tersebut. Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas, simak ya!

Mengenal Arti dan Kepanjangan Gelar Lc

Arti dan Singkatan Gelar Lc Gelar Lc adalah singkatan dari Licentiate. Istilah ini berasal bahasa Latin, tepatnya dari kata "licentia" yang mengandung makna kebebasan. Ada juga pandangan lain yang menghubungkan istilah "Licentiate" dengan bahasa Inggris, yakni "license" yang berarti lisensi.

Lc merupakan gelar akademik yang ada di banyak negara, mewakili tingkat pendidikan yang berbeda. Gelar ini mungkin serupa dengan gelar master di universitas Eropa, Amerika Latin, dan Suriah.

Licentiate atau gelar Lc sebenarnya memiliki kesamaan dengan gelar sarjana strata 1 di Indonesia. Gelar ini sejajar dengan tingkat pendidikan sarjana.


Lulusan Perguruan Tinggi Timur Tengah


Di beberapa negara, gelar Lc juga dikenal sebagai Bakalurios atau Bachelor. Perlu ditegaskan bahwa gelar tersebut memiliki cakupan yang luas. Tidak hanya terbatas pada lulusan syariah dan bahasa Arab, melainkan juga mencakup lulusan dari bidang lain seperti Hukum, Ekonomi dan juga Teknik.

Gelar Lc biasanya diperoleh oleh mahasiswa yang mengejar pendidikan di Timur Tengah, termasuk negara-negara seperti Mesir, Arab Saudi, Qatar dan Lebanon. Namun, perlu dicatat bahwa gelar ini tidak memiliki korelasi dengan bahasa Arab.

Berawal dari Penjajah di Tanah Arab


Hadirnya gelar Lc di dunia pendidikan tidak lepas dari peristiwa penjajahan di wilayah Arab. Seperti diketahui, dahulu negara Inggris menjajah banyak negara di berbagai belahan dunia, termasuk wilayah Arab.

Masuknya pasukan Inggris ke Arab telah memberikan sejumlah pengaruh bagi negara tersebut, salah satunya adalah penggunaan istilah bahasa Inggris. Hal inilah yang melahirkan gelar Lc di wilayah Arab.

Penyematan gelar pendidikan di Arab cukup berbeda dengan Indonesia. Di wilayah tersebut, penduduk justru jarang menyematkan gelar Lc di belakang nama mereka.

Sementara itu di Indonesia, gelar ini biasanya dicantumkan di belakang nama. Namun gelar Lc bukan merupakan gelar resmi yang tercantum dalam legalisasi pendidikan Tanah Air.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3290 seconds (0.1#10.140)