Simbol Kampus Berkelanjutan, Unika Atma Jaya Resmikan Ruang Terbuka Hijau

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 19:25 WIB
loading...
Simbol Kampus Berkelanjutan,...
Peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kampus I Semanggi dipimpin langsung Uskup Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta sekaligus Pembina Yayasan Atma Jaya. Foto/Unika Atma Jaya.
A A A
JAKARTA - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya kembali menegaskan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kampus I Semanggi, pada Jumat (4/10/2024). RTH dibangun dengan ruang multifungsi bagi sivitas akademika kampus.

Peresmian ini dipimpin langsung oleh Bapa Uskup Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta sekaligus Pembina Yayasan Atma Jaya, sebagai simbol semangat kebersamaan dan dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: Having Fund 2024: MNC Sekuritas dan Pinnacle Investment Gelar Edukasi di UNIKA Atma Jaya

Ruang Terbuka Hijau ini dirancang sebagai ruang hijau yang multifungsi, melayani kebutuhan edukasi, interaksi, dan rekreasi bagi seluruh komunitas Atma Jaya serta masyarakat sekitar. Selain menjadi tempat edukasi, RTH ini diharapkan dapat menjadi pusat kesadaran akan pentingnya ruang hijau di tengah perkembangan kawasan perkotaan seperti Semanggi.

Acara peresmian dibuka dengan upacara pemotongan pita yang melibatkan Uskup Ignatius Kardinal Suharyo, Ketua Yayasan Atma Jaya Linus M. Setiadi, Rektor Unika Atma Jaya Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S(K), Pimpinan Proyek RTH, serta perwakilan mahasiswa, karyawan, dosen, dan alumni. Prosesi dilanjutkan dengan penampilan Tari Tor Tor dan Tari Topeng Ubrug Betawi sebagai simbol kebudayaan yang mempererat kebersamaan seluruh elemen kampus.

Baca juga: Dosen Unika Atma Jaya Edukasi Remaja Perempuan tentang Kesehatan Reproduksi

"Unika Atma Jaya yang lokasinya berada di tengah-tengah kota Jakarta, sangat tepat menjadikan RTH ini sebagai ladang oase yang menyegarkan bagi seluruh anggota Komunitas Atma Jaya dan masyarakat sekitar. Peresmian hari ini bukan hanya peresmian fisik, tetapi juga sebagai komitmen nyata mewujudkan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kami berharap melalui RTH ini juga dapat menjadi fasilitas multiguna bagi mahasiswa untuk belajar, berinteraksi, berkolaborasi, rekreasi, relaksasi, serta sarana peningkatan kesadaran lingkungan," ujar Prof. Yuda, Rektor Unika Atma Jaya, melalui siaran pers, Jumat (4/10/2024).

Lebih lanjut, Prof. Yuda juga menyampaikan bahwa, perwujudan Ruang Terbuka Hijau ini juga sejalan dengan komitmen Unika Atma Jaya dalam menjawab panggilan Paus Fransiskus melalui ensiklik “Laudato Si” untuk menjaga dan memelihara alam sebagai rumah kita bersama, serta mewujudkan komitmen yang kuat sebagai leading to green campus and sustainability.

Senada dengan Rektor, Ketua Yayasan Atma Jaya, Linus M. Setiadi, turut menyampaikan sambutan hangatnya. Ia menyampaikan ucapan syukur karena sejak groundbreaking tanggal 27 Mei yang lalu hingga revitalisasi tahap 1 ini bisa selesai tepat waktu dan memberikan suasana baru yang hijau dan asri bagi kita semua.

“Dalam proses revitalisasi, kami sangat memperhatikan aspek sustainability seperti dengan merawat tanaman yang berada di area RTH agar tidak rusak oleh proses pembangunan, menambah jumlah pohon yang awalnya hanya 79 buah menjadi 135 pohon, menambah jumlah sumur resapan dari 28 buah menjadi 92 buah, serta menyumbangkan paving block dan beberapa kebutuhan bangunan lainnya kepada Perhimpunan Vincentius agar dapat dimanfaatkan kembali,” jelas Linus M. Setiadi.

Uskup Ignatius Kardinal Suharyo juga memberikan pesan penting untuk kita semua untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam. Ruang Terbuka Hijau di Unika Atma Jaya ini merupakan komitmen kampus terhadap lingkungan hidup dan bumi kita ini di tengah permasalahan lingkungan yang kita hadapi bersama.

"Sejalan dengan ensiklik Laudato Si, yang mengajak kita semua untuk merawat rumah bersama yaitu bumi kita. Unika Atma Jaya menghadirkan ruang ini sebagai tanda keberlanjutan dan kepedulian kita terhadap alam semesta. Maka, mari kita menjaga ruang terbuka hijau ini agar kebermanfaatannya sungguh dapat dirasakan bersama. Menjadikan tempat ini juga sebagai sumber inspirasi dan refleksi, mengingat kembali tanggung jawab kita dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam," ujarnya.

Sebagai universitas yang terus berinovasi dan mengedepankan kualitas, Unika Atma Jaya berharap RTH ini dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan nilai-nilai keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)