Riwayat Pendidikan Abdul Mu'ti yang Akan Menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah

Senin, 14 Oktober 2024 - 18:17 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Abdul...
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Muti akan menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah di kabinet Prabowo-Gibran. Foto/Aldhi Chandra Setiawan.
A A A
JAKARTA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti akan menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah di kabinet Prabowo-Gibran. Mu'ti menyampaikan kabar tersebut setelah keluar dari rumah Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto, Senin (14/10/2024).

"Tadi Pak Prabowo menyampaikan, memberikan kepada saya untuk memimpin Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah," kata Abdul Mu'ti kepada wartawan, dikutip dari YouTube SINDOnews.

Baca juga: Abdul Mu'ti Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah

Rencananya, Abdul Mu'ti akan memimpin Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dengan dibantu oleh dua wakil menteri (wamen). Namun siapa saja yang akan membantunya sebagai wamen, ia pun belum mengetahuinya.

Riwayat Pendidikan Abdul Mu'ti


Pria kelahiran Kudus, 2 September 1968 ini memang tercatat sebagai anggota Muhammadiyah sejak 1994. Ia menamatkan pendidikan dasar hingga menengahnya di Kudus, Jawa Tengah.

Baca juga: Jadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti Didampingi 2 Wamen

Dikutip dari laman PWM Jateng, tercatat ia sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Manafiul Ulum Kudus, kemudian lanjut ke
Madrasah Tsanawiyah Negeri Kudus, dan lulus dari Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Filial Kudus.

Abdul Mu'ti kemudian menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Dia lalu terbang ke Australia untuk menuntut ilmu di Sekolah Pendidikan Universitas Flinders Adelaide.

Abdul Mu'ti juga merupakan alumnus Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta). Saat ini ia menjabat sebagai dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta.

Riwayat Karier


Abdul Mu'ti yang sejak masa mahasiswa aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Walisongo Semarang ini pernah memimpin PC IMM Kota Semarang dan DPD IMM Jateng.

Ia pun dipercaya sebagai Sekretaris PWM Jateng periode 2000-2002. Abdul Mu'ti juga pernah menjadi Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006 dan Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.

Baca juga: Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti Layak Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Ia lalu diangkat sebagai Sekretaris PP Muhammadiyah 2010-2015. Dilanjut sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah 2015-2022 dan terpilih kembali pada Muktamar ke 48 kemarin untuk masa bakti 2022-2027.

Di level internasional, Abdul Mu'ti adalah British Council Advisory Board 2006-2008, Indonesia-United Kingdom Advisory Board (2007-2009), Executice Committee of Asian Conference of Religion for Peace (2010-2015), dan Indonesia-United States Council on Religion and Pluralism (2016-Sekarang).

Ia juga peraih penghargaan Australian Alumni Award (2008) yang aktif dalam berbagai forum dialog dan kerjasama antar iman di dalam dan di luar negeri. Tulisan dan karyanya dipresentasikan dalam banyak forum ilmiah dalam dan di luar negeri, serta media massa nasional.

Demikian riwayat pendidikan Abdul Mu'ti yang akan menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)