UB Masuk Peringkat 1000+ Terbaik Dunia Versi THE World University Rankings

Senin, 07 September 2020 - 06:31 WIB
loading...
UB Masuk Peringkat 1000+ Terbaik Dunia Versi THE World University Rankings
Universitas Brawijaya (UB) Malang. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Times Higher Education (THE) World University Rankings merilis peringkat universitas dunia mencakup pada awal September 2020. Dari 1.500 universitas di 93 negara. Universitas Brawijaya (UB) berada di posisi 1001+ bersama tujuh PT lain dari Indoensia.

Metode penilaian THE World University Rankings 2021 menggunakan lima pilar indikator, yaitu pengajaran (teaching), penelitian (research), sitasi (citation), sinergitas dengan industri (industry income), dan cakupan internasional (international outlook).

Ketua Pemeringkatan Internasional UB, Setyawan Purnomo Sakti menjelaskan, hasil yang diperoleh UB kali ini mengalami perbaikan skor di beberapa aspek. “Beberapa yang menjadi penyumbang naiknya score UB adalah industrial income dan international outlook,” kata Setyawan. (Baca juga: Telkom University Masuk Jajaran Perguruan Tinggi Terbaik Dunia )

Industrial Income merupakan jumlah dana yang telah diterima UB terkait dengan penelitian dan hilirisasi yang sudah dilakukan. "Kalau kita berbicara industri bisnis ada muara pemanfaatan masyarakat," jelasnya.

Salah satu elemen ketika mereka memilih UB adalah pada kualitas yang bisa diberikan, hasil penelitian dan pengembangan yang di-share akan memberikan kontribusinya dan berdampak ke industri. "Sehingga mereka juga rela menyediakan dana untuk UB," terangn Setyawan.

Penyediaan dana tersebut dalam bentuk pendanaan penelitian, penerapan teknologi, dan bentuk-bentuk lain untuk pengembangan UB, termasuk penghasilan dari kerja sama dengan industri. Sementara internasional outlook adalah perspektif Internasional terhadap UB dan bagaimana mereka memandang kualitas dan mutu UB. (Baca juga: Unpad Masuk Daftar Peringkat Universitas Terbaik Dunia )

Kualitas dan mutu ini dilihat dari dosen, kolabrasi atau kerja sama internasional, publikasi, dan juga ketertarikan mahasiswa internasional untuk belajar di UB.

“Sehingga semakin banyak jejaring yang dibuat dengan partner-partner internasional akan semakin meningkatkan apresiasi mereka, sehingga mereka akan tertarik ke sini,” katanya.

Setyawan menambahkan, bahwa upaya UB untuk lebih meningkatkan peringkat bukan hal yang mudah. Meskipun begitu, ia optimistis dengan keberpihakan pada mutu dan strategi yang telah ditetapkan rektor, posisi UB bisa terus naik.

"Peran serta dari seluruh stakeholders, dosen, tendik (tenaga kependidikan), dan mahasiwa dalam mendukung program kerja universitas akan semakin mendorong pemeringkatan internasional UB.

Pemeringkatan perguruan tinggi versi THE menetapkan Oxford University sebagai universitas terbaik nomor satu dunia. Untuk Indonesia ada sembilan perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan THE 2020, salah satunya adalah Universitas Brawijaya (UB).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)