Ornamen Header
Dosen IPB University Ciptakan Semir untuk Tanaman Hias
Dosen IPB University Ciptakan Semir untuk Tanaman Hias
Dr Elis Nina Herliyana, dosen IPB University dari Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan dan Lingkungan. Foto/ist
BOGOR - Semirdaun adalah produk pengkilap daun tanaman hias yang berdaun indah/lebar. Selain untuk memperindah daun, Semirdaun juga dapat mengangkat kotoran dan debu. Semirdaun juga mengandung Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) yang berfungsi sebagai hormon atau pupuk cair untuk merangsang pertumbuhan tanaman sehingga tanaman hias terawat dengan baik.

Siapa pencetus ide produk Semirdaun ini? Dialah Dr Elis Nina Herliyana, dosen IPB University dari Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan dan Lingkungan. Ia mengatakan bahwa jenis tanaman yang cocok dan baik dalam menggunakan Semirdaun adalah jenis tanaman hias berdaun indah dan tanaman indoor.

Contohnya adalah Aglaonema (Sri rejeki), Philodendron, Diffenbachia, Anthurium, Codiaeum (Puring), Sansievera (lidah mertua) dan Palem-paleman (indoor). (Baca juga: 27 Kampus Raih Dana Hibah Rp2,7 M untuk Bangkitkan UKM)

"Keunggulan dan manfaat Semirdaun adalah untuk mengkilapkan daun (membersihkan dari debu dan noda), untuk melindungi (mencegah dari serangga dan kutu) dan ketiga untuk menyuburkan (mengandung ZPT)," ungkapnya.



Saat ini Semirdaun banyak digunakan para pemilik hobi tanaman dan rental tanaman. Perawatan ini menjaga tanaman untuk selalu tampil lebih prima.

Semirdaun dipasarkan di Botani Mart IPB University. Untuk pemasaran online bisa melalui Planteria.id. “Harganya 25 ribu rupiah per 100 mililiter," imbuhnya. (Baca juga: Logo Kampus Merdeka Diluncurkan, Sinergikan PT dan Dunia Kerja)

Ia berharap, ke depan penggunaan Semirdaun menjadi kebutuhan bagi para pemilik hobi tanaman di dalam perawatan dan menjaga keindahannya (estetika). Selain itu, pendistribusiannya menjadi lebih luas dan customer lebih mudah mendapatkan produk ini.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!