Ornamen Header
Ikuti Wisuda Daring, IKA Unair: Wisudawan Tahun Ini Generasi Terpilih
Ikuti Wisuda Daring, IKA Unair: Wisudawan Tahun Ini Generasi Terpilih
Universitas Airlangga (Unair) kembali menggelar wisuda secara daring periode September 2020, Minggu (20/9). Foto/Lukman Hakim
SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) kembali menggelar acara wisuda secara daringperiode September 2020, Minggu (20/9/2020). Prosesi wisuda daring yang digelar di Aula Garuda Mukti lantai V Gedung Rektorat Kampus C Mulyorejo, Kota Surabaya ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair). Sebab wisudawan tahun ini adalah generasi terpilih.

Pengurus Pusat IKA Unair Bidang Pengembangan dan Kerja sama Didik Prasetiyono saat memberikan sambutan menuturkan, menjadi sarjana bukan akhir untuk berhenti belajar. Namun, untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dari kampus, untuk digunakan membantu permasalahan di masyarakat.

“Wisudawan sekarang adalah generasi terpilih. Kenapa saya katakan demikian, karena saudara terpilih untuk lulus dalam kondisi pandemi COVID-19. Disaat ekonomi tertekan, segala sektor sedang tertekan, anda hadir. Harapan kami, anda bisa memberi jawaban dan juga menjadi bagian atas jawaban dari krisis pandemi ini,” tutur Didik, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Operasi PT SIER. (Baca juga: Rektor IPB Positif COVID-19, Pembatasan Masuk Kampus Diperpanjang)

Menurut Didik, belajar merupakan sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon. Tapi lebih dari itu, belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berfikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak, dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.



“Setelah melalui proses panjang belajar di kampus hingga sekarang telah diwisuda, dengan ini IKA Unair menerima dengan tangan terbuka kepada seluruh wisudawan. Selamat datang di dunia nyata. Tempat dimana bertarung sesungguhnya, mempraktikkan ilmu yang sudah didapat dari kampus. Kemanfaatan ilmunya untuk bangsa dan negara kami nantikan,” ungkap mantan komisioner Komisi Informasi Provinsi Jatim ini.

Dalam kesempatan tersebut, Didik juga memberikan apresiasi dan selamat kepada Rektor Unair dan jajarannya, karena saat ini Unair menduduki peringkat 20 besar kampus terbaik di Asia Tenggara. “Semoga cita-cita Unair menuju 500 kampus terbaik di dunia segera terwujud,” katanya. (Baca juga: Gandeng UNS, Pemkab Magetan Siapkan Lahan Bangun Universitas Negeri)

Pada wisuda periode September 2020 ini, pihak kampus menyelenggarakan menjadi dua gelombang yakni pada 19 dan 20 September 2020. Acara wisudanya dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama digelar pukul 08.30 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 WIB.



Aturan ketat protokol kesehatan juga diterapkan bagi peserta dan undangan yang datang di Aula Garuda Mukti lantai V Gedung Rektorat Kampus C Mulyorejo. Seperti mengenakan masker, mencuci tangan di pintu masuk gedung, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, tidak melakukan kontak langsung dengan undangan lain dan pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh lebih dari 37 derajat tidak diperkenankan mengikuti acara wisuda.

“Kami atas nama IKA Unair memberikan apresiasi dan memuji langkah kampus untuk menyelenggarakan acara wisuda secara daring. Ini adalah langkah tepat untuk menghindari penyebaran COVID-19. Saya melihat prosesi wisuda secara daring ini tidak mengurangi kekhidmatannya. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada wisudawan. Selamat berjuang di dunia nyata,” pungkasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!