Gelar Webinar Internasional Disiplin Ilmu Terbanyak, UMY Catat Rekor MURI

Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:55 WIB
loading...
Gelar Webinar Internasional Disiplin Ilmu Terbanyak, UMY Catat Rekor MURI
Senior Manager MURI Sri Widayati menyerahkan penghargaan MURI kepada Rektor UMY Gunawan Budiyanto sebagai penyelenggara webinar internasional dengan disiplin ilmu terbanyak di UMY, Selasa (13/10). Foto/Dok/Humas UMY
A A A
YOGYAKARTA - Kegiatan the 4th International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI) 2020 secara virtual dengan fokus 14 disiplin ilmu dengan 1.373 peserta dari 8 negara partisipan yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tercatat dalam museum rekor dunia Indonesia (MURI) sebagai penyelenggagara webinar internasional disiplin ilmu terbanyak.

Senior Manager MURI Sri Widayati menyerahkan langsung penghargaan itu kepada rektor UMY Gunawan Budiyanto saat pembukaan The 4th ICoSI di Gedung AR. Fachruddin B UMY, Selasa (13/10/2020) sore. (Baca juga: UI Gelar Forum Diskusi Ilmiah Bahas Pelaksanaan Pilkada di Masa Pandemi )

ICoSI merupakan kegiatan tahunan yang digelar UMY sejak 2012. Tahun ini karena ada pandemi virus Corona, pelaksanaannya dilakukan melalui virtual.

Ketua panitia pelaksana the 4th ICoSI 2020, Yeni Rosilawati mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekadar agenda rutin tahunan, namun yang lebih penting lagi akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan berbagai disiplin ilmu. Sehingga, UMY tetap menyelenggarakannya di tengah pandemi Corona.

Bahkan, ada 14 disiplin ilmu dengan 1.373 peserta dari delapan negara yang berpartisipasi, sehingga tercatat dalam rektor MURI kategori penyelengara webinar internasional pada disiplin ilmu terbanyak. “Jadi kegiatan ICOSI 2020 bentuk komitmen UMY,” kata Yeni, Rabu (14/10). (Baca juga: 1.108 Mahasiswa Dilibatkan Jadi Duta Edukasi Perubahan Perilaku )

Senior Manajer MURI Sri Widayati mengatakan, pecatatan MURI webinar internasional dengan disiplin ilmu terbanyak ini telah melalui beberapa tahapan dan kajian termasuk verifikasi. Secara umum, untuk pencatatan MURI ada beberapa kriteria. Selain paling banyak, kriteria lainnya di antaranya paling unik dan langka .

“Untuk rekor kategori penyelenggara webinar internasional dengan disiplin ilmu terbanyak ini kami catat di urutan ke 9.673,” paparnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3431 seconds (0.1#10.140)