Ornamen Header
Rektor PU Ajak Wisudawan Melihat Pandemi sebagai Peluang Baru
Rektor PU Ajak Wisudawan Melihat Pandemi sebagai Peluang Baru
President University (PU) menggelar wisuda ke-15 secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada, Minggu (25/10). Foto/Dok/Humas PU
JAKARTA - President University (PU) menggelar wisuda lulusan ke-15 secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada, Minggu (25/10/2020). Untuk prosesi wisuda dilakukan secara simblis oleh perwakilan mahasiswa yang hadir di lokasi.

Sedangkan lainnya mengikuti secara virtual dari tempat tinggal masing-masing. Upacara wisuda yang diikuti oleh 1000 wisudawan mengambil topik Economics Development through Combination of Artificial Intelligence and Automation. (Baca juga: Rektor President University Berharap 1.000 Wisudawan Terus Mengasah Kemampuan )

Rektor President University (PU) Prof. Jony Oktavian Haryanto mengatakan, saat ini dunia tengah sibuk berjuang melawan pandemi Covid-19. Prof. Jony justru mengajak wisudawan untuk melihat pandemi ini sebagai peluang baru, peluang yang unik.

“Saat ini PHK terjadi di mana-mana. Banyak pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan. Ada ungkapan, lautan ganas justru menciptakan pelaut terampil. Maka, inilah saatnya mengubah pandemi sebagai peluang untuk mempertajam jiwa kewirausahaan,” kata Prof. Jony Oktavian dalam keterangan elektronik yang diterima SINDOnews, Minggu (25/10/2020).



Saat ini, lanjut dia, di tengah pandemi justru banyak bisnis baru yang bermunculan yang bahkan bisa dikelola hanya dengan gadget. Kehadiran bisnis-bisnis baru itu ternyata sangat membantu masyarakat. (Baca juga: Dihadapan 2.173 Wisudawan, Direktur PNJ Targetkan Politeknik Menuju Kelas Asia )

Maka, Prof. Jony mengajak wisudawan untuk membangun bisnis-bisnis baru yang menggabungkan pengetahuan yang mereka peroleh selama kuliah dengan perkembangan teknologi.

“Saya optimis, bisnis-bisnis baru para wisudawan akan memberikan dampak nyata. Bukan hanya membantu masyarakat untuk bertahan di era pandemi, tetapi juga menciptakan dunia yang lebih baik dan penuh harapan,” tegasnya.

Senada dengan Prof. Jony, pendiri President University, S.D. Darmono, juga menegaskan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi di masa pandemi ini justru akan menjadi sesuatu yang menyenangkan jika para wisudawan mampu dengan cepat beradaptasi. (Baca juga: Wisuda Unik, Sampoerna University Gunakan Teknologi Robot Gantikan Para Wisudawan )

Salah satu unsur penting dalam kemampuan beradaptasi adalah networking. Itu sebabnya Darmono mengingatkan wisudawan agar tetap menjaga hubungan baik dengan sesama alumni dan terus memperluas jejaring.

"Berjejaring dan membina persahabatan itu sangat penting bagi karier Anda. Baik yang berkarier sebagai profesional, pengusaha, termasuk bagi mereka yang terjun ke dunia politik.” ungkapnya.



Saat ini jejaring wisudawan President University tak hanya tersebar di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Sebab, mahasiswa President University, termasuk lulusannya, juga datang dari 19 negara di dunia. Ini membuat mahasiswa dan wisudawan berkesempatan untuk memiliki koneksi yang luas.

Dalam upacara wisuda kali ini, President University juga mengundang Cleopatra Veloutsou, profesor brand management dari University of Glasgow, United Kingdom.

Dalam pesannya yang disampaikan secara virtual, Prof. Veloutsou menekankan wisudawan tentang pentingnya untuk tidak hanya memiliki ilmu, namun juga mengerti bagaimana cara menggunakannya.

“Universitas telah mengajarkan keterampilan berpikir. Gunakanlah keterampilan itu untuk perluas kerangka berpikir. Cobalah mencari solusi. Cobalah untuk menemukan pendekatan alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di komunitas,” demikian pesan Prof. Veloutsou.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!