UI-Korsel Kerja Sama Penelitian dan Produksi Perangkat Perangi Covid-19

Senin, 09 November 2020 - 09:23 WIB
loading...
UI-Korsel Kerja Sama Penelitian dan Produksi Perangkat Perangi Covid-19
Direktur DISTP UI Ahmad Gamal dan President COSMAX PHARMA Mr Jin Choi melakukan joint research terkait Covid-19. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI) berkolaborasi dengan COSMAX PHARMA, sebuah perusahaan Korea Selatan , untuk melakukan joint research terkait Covid-19.

Diketahui, kerja sama ini terkait transfer teknologi dan produksi dalam negeri untuk produk PCR Machine RT Lamp, Reagent PCR, Rapid Test Antibody, dan Rapid Test Antigen. Pembahasan kerja sama tersebut disampaikan dalam pertemuan yang berlangsung secara tatap muka dan virtual pada Selasa (3/11). (Baca juga: Universitas Kristen Petra Juara Pesparawi 2020, Untar Diganjar MURI )

Pertemuan dihadiri oleh President COSMAX PHARMA Mr. Jin Choi; Vice President/Research Director COSMAX PHARMA Mr. Shin Seunghyun; serta perwakilan mitra di Indonesia, yaitu Mr. Tedy Leslie Kim. Dari pihak UI diwakili oleh Direktur DISTP UI Ahmad Gamal.

Rencana pengembangan produk di dalam negeri ini akan sangat membantu para tenaga medis, serta masyarakat luas, untuk turut membantu dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda global.

Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi. Nurtami memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan penelitian ini. “Sebagai sumbangsih bagi bangsa, kami berupaya mengerahkan tim ahli dan peneliti di lingkungan UI untuk bersama-sama mengembangkan produk kesehatan di tengah wabah yang melanda Indonesia dan dunia. Penanganan wabah COVID-19 adalah tanggung jawab bersama seluruh anak bangsa,” katanya melalui siaran pers, Jumat (6/11). (Baca juga: Tercepat dalam Lintasan, Tim ITS Juarai Kontes Kapal Cepat Tak Berawak )

Penelitian ini melibatkan tim peneliti dan ahli dari Fakultas Kedokteran (FKUI), Fakultas Farmasi (FFUI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI), Fakultas Teknik (FTUI), serta melibatkan laboratorium yang ada di UI. Partisipasi seluruh pihak akan turut meningkatkan produk inovasi dalam negeri dan turut membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi yang mengancam semua elemen bangsa.

COSMAX PHARMA adalah salah satu unit bisnis COSMAX, merupakan perusahaan farmasi yang berorientasi pada riset dan pengembangan (R&D) dan didirikan pada 2009 di Korea. COSMAX PHARMA telah memperoleh sertifikasi untuk Good Manufacturing Practices (GMP) farmasi, GMP perangkat medis, dan ISO 13485, memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat dengan menghadirkan perangkat medis yang diproduksi dengan fasilitas manufaktur farmasi terkemuka.

Selain di Korea, unit bisnis COSMAX juga tersebar di beberapa negara, seperti Cina, Amerika Serikat, Australia, dan Thailand. Inisiasi untuk produksi COSMAX di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak 2013.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)