Ornamen Header
Rektor Uhamka: Jadilah Alumni Pemberi Solusi, Penyejuk dan Penerang
Rektor Uhamka: Jadilah Alumni Pemberi Solusi, Penyejuk dan Penerang
Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro memberikan sambutan pada Wisuda untuk jenjang pendidikan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya secara daring, Selasa (17/11). Foto/Dok/Humas Uhamka
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), untuk pertama kalinya menggelar Wisuda untuk jenjang pendidikan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya secara daring pada Selasa (17/11). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Senat Universitas, dan segenap pimpinan Fakultas Uhamka yang hadir di lokasi Aula Ahmad Dahlan Gedung A FKIP Uhamka dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Acara wisuda ini juga dikuti secara daring oleh sejumlah pihak di antaranya, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir , kepala LLDIKTI Wiayah III, perwakilan Koordinator Kopertis Wilayah I DKI Jakarta, Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka Pimpinan Wilyah Muhammadiyah, para wali/orang tua wisudawan, serta 852 Wisudawan yang hadir secara daring. (Baca juga: Wejang 852 Wisudawan Uhamka, Haedar: Dimanapun Berpijak Jaga Integritas dan Kejujuran )

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro dalam sambutannya merasa haru bercampur bangga dengan perjuangan 852 wisudawan yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di Uhamka. Tidak hanya dirinya, perasaan haru dan bangga juga terlihat dari pancaran wajah setiap orang tua/wali yang mendampingi para wisudawan di layar Zoom Meeting dalam acara Wisuda Virtual ini.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan bersosial masyarakat, dan segala interaksi sosial menajadi terhambat. Namun, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi niat tulus Uhamka untuk turut bergembira dengan capaian para wisudawan. Juga tak mengurangi rasa bangga Uhamka terhadap capaian keilmuan para mahasiswanya.



“Pandemi ini telah mengubah banyak hal dalam hidup kita, beberapa bulan ini kita dipaksa menerima dan menjalani sebuah kondisi yang baru tentu belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Segala kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka baik interaksi sosial dan komunikasi, saat ini digantikan dan dimediasi oleh teknologi. Prosesi wisuda yang harusnya terlaksana di penggung prosesi yang megah, hari ini dilaksanakan dalam jaringan atau online. Meskipun demikian, tidak mengurangi niat tulus kita untuk memberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan dan wisudawati,” Tutur Gunawan. (Baca juga: HUT Ke-63, Uhamka Gelar 'Uhamka Awards 2020' untuk Apresiasi Dosen-Karyawan Berprestasi )

Dalam perjalannya, lanjut Gunawan, Uhamka telah berkontribusi secara nayata terhadap upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun tanah air, sehingga Rektor Uhamka bersyukur telah memberikan yang terbaik kepada Muhammadiyah, bangsa, dan negara. Dilain sisi, dirinya juga menyadari upaya Uhamka dalam kontribusi nyata kepada Muhammadiyah dan Indonesia masih harus disempurnakan karena pesatnya perkembangan zaman yang menurutnya perlu ada kemampuan beradaptasi terhadap perubahan zaman tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Uhamka ialah menjadi prophetic teaching university.

“Kami sangat bersyukur teleh memberikan yang terbaik kepada persyarikatan, bangsa dan negara. Namun kami sangat menyadari sepenuhnya apa yang telah kami darmakan masih harus disempurnakan karena adanya perubahan-perubahan pada setiap zaman. Untuk itu, dalam merealisasikan visi Uhamka 2024 sebagai landasan transformasi yang kokoh menuju Visi Uhamka 2045, dalam Rentra tahun 2020-2024 yaitu periode penyiapan menjadi prophetic teaching university yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan,” terangnya.



Gunawan juga mengucapkan terima kasih yang mendalam terhadap para orang tua/wali mahasiswa yang telah mempercayakan Uhamka sebagai wadah untuk mendidik, membina, dan membimbing putra-putrinya. Dia berharap para wisudawan menjadi lulusan yang berkualitas, memiliki spirit untuk terlibat aktif dalam upaya membangun negeri, umat dan persyrikatan. Dirinya juga berpesan agar para wisudawan agar tidak menjadi lulusan yang pandai membuat masalah. Namun, jadilah lulusan yang handal dalam mencari solusi dari problematika bangsa, dan negara serta persyarikatan. (Baca juga: Kukuhkan Profesor Ke-16, Ini Pesan Rektor Uhamka untuk Para Dosen Muda )

“Terkhusus kepada para mahasiwa hari ini resmi sudah ananda menjadi alumini Uhamka, selamat bergabung sebagai penerus bangsa yang hebat dan berkualitas. Ketika kuliah, ananda berpangku tangan, kini saatnya untuk turun tagan membantu negara umat dan persyarikatan. Janganlah ananda menjadi pembuat masalah tapi jadilah orang yang mampu mengatasi masalah dan sudah sepatutnya sebagai alumni Uhamka jadilah pemberi solusi, menjadi penyejuk ketika panas dan menjadi penerang ketika gelap,” pungkas Gunawan.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!