UGM Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia versi QS Asia University 2021

Jum'at, 27 November 2020 - 18:07 WIB
loading...
UGM Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia versi QS Asia University 2021
Gerbang UGM. Foto/Dok Humas UGM
A A A
SLEMAN - Lembaga pemeringkatan QS Asia University Ranking 2021 merilis 650 institusi pendidikan terbaik Asia 2021. Dalam rilis QS Asia Univeristy itu. terdapat 30 perguruan tinggi negeri dan swasta yang termuat dalam pemeringkatan ini. satu di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masuk 100 besar Asia.

Menurut hasil penilaian QS, UGM menduduki perigkat 57 Asia dan peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia. Selain UGM, yang juga masuk dalam 100 besar, yaitu Universitas Indonesia (UI) peringkat 59 dan Institut Teknologi Bandung di peringkat 62. (Baca juga: Naik 34 Peringkat, ITS Ranking 164 di QS Asia University Rangkings 2021 )

QS Asia University Ranking 2021 menggunakan 11 indikator penilaian. Indikator ini serupa dengan indikator yang digunakan dalam QS World University Rankings dengan sejumlah indikator tambahan serta beberapa penyesuaian.

Kesebelas indikator tersebut yaitu academic reputation yang berkontribusi terhadap 30 persen penilaian, employer reputation (20 persen), faculty/student ratio (10 persen), international research network (10 persen), citations per paper (10 persen) dan papers per faculty (5 persen). Pada indikator reputasi akademik, UGM meraih nilai yang cukup tinggi, yaitu 73,97, sementara pada indikator employer reputation nilai yang diraih sebesar 82,49.

Selanjutnya, terdapat indikator staff with a PhD (5 persen), proportion of international faculty (2.5 persen) dan proportion of international students (2.5 persen), serta proportion of inbound exchange students (2.5 persen) dan proportion of outbound exchange students (2.5 persen). (Baca juga: 27 Kampus akan Adu Tanding di Kontes Mobil Hemat Energi )

Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono mengatakan hasil ini tentunya tidak lepas dari perbaikan yang dilakukan UGM di segala lini secara berkelanjutan untuk peningkatan mutu. Dengan mutu yang baik maka kontribusi UGM kepada masyarakat, bangsa, dan negara menjadi lebih besar.

“Di samping melakukan sejumlah perbaikan untuk memenuhi indikator-indikator penilaian, UGM juga terus berusaha meningkatkan perannya untuk turut menyelesaikan persoalan-persoalan global,” kata Panut, Jumat (27/11/2020).

Ia juga memberikan apresiasi terhadap sejumlah pihak yang turut berkontribusi terhadap kemajuan UGM dari tahun ke tahun. “Atas prestasi ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar UGM, pemerintah, dan para mitra,” terangnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)