Ornamen Header
Pengukuhan 8 Guru Besar, Rektor ITS Harap Publikasi Internasional akan Naik
Pengukuhan 8 Guru Besar, Rektor ITS Harap Publikasi Internasional akan Naik
8 Profesor baru ITS (barisan depan) dikukuhkan bersamaan dalam Sidang Terbuka dan Pengukuhan Profesor di Gedung Research Center ITS. Foto/Dok/Humas ITS
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menambah delapan guru besar . Pengukuhan yang menjadi terbesar sepanjang sejarah ITS ini diharapkan berimplikasi positif pada kontribusi publikasi internasional ITS dan jumlah mahasiswa pascasarjana.

Dari total profesor baru kali ini, empat di antaranya adalah dosen dari Fakultas Sains dan Analitika Data. Dari sana tercakup beragam bidang keahlian, seperti bidang Ilmu Fisika Teori, bidang Pemodelan Matematika dan Simulasi Numerik, bidang Ilmu Fisika Logam, serta bidang Ilmu Kimia Anorganik Bahan Alam. (Baca juga: UGM Kembali Juara Umum Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasiona 2020 )

Selain itu, melalui pengukuhan kali ini juga bertambah guru besar dari Fakultas Vokasi ITS. Lalu guru besar dari Fakultas Teknologi Kelautan. Tidak ketinggalan, muncul nama guru besar baru dari Departemen Teknik Informatika. Profesor baru lain yang dikukuhkan adalah dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, mendapat tambahan sumber daya manusia (SDM) yang secara formal menyandang gelar profesor akan banyak membawa implikasi kepada ITS. “Misalnya, sangat banyak dibutuhkan SDM profesor unggul untuk menunjang 16 program doktoral yang kita punyai,” sebutnya.



Di samping itu, harapannya menjulang akan semakin meningkat pula jumlah mahasiswa ITS di tingkat pascasarjana, seiring dengan peningkatan jumlah profesor kali ini. Terkait pemeringkatan ITS yang kian membaik, guru besar dari Departemen Teknik Elektro itu pun yakin bahwa bertambah banyaknya jumlah profesor juga akan membantu kenaikan kontribusi ITS pada publikasi internasional. (Baca juga: Ingin Masuk PTN Terbaik, Ini 6 Kunci Sukses yang Wajib Diketahui Para Siswa )

“Melonjaknya jumlah profesor secara eksponensial, harapannya akan meningkatkan pula jumlah mahasiswa pascasarjana dan kontribusi publikasi internasional ITS,” tandasnya penuh semangat.

Sekali lagi ia menegaskan bahwa titik yang dicapai sekarang ini adalah awal perjuangan mengemban amanah dari negeri yang lebih banyak lagi. “Selamat dan silakan bergabung dengan komunitas di Research Center, Innovative Center, serta banyak pusat kajian lainnnya yang telah menanti anda,” pungkasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!