Matematika Latih Kemampuan dalam Memahami Banyak Hal

Senin, 07 Desember 2020 - 15:50 WIB
loading...
Matematika Latih Kemampuan dalam Memahami Banyak Hal
Matematika latih kemampuan dalam memahami banyak hal. Foto/SINDOnews/Neneng Z
A A A
JAKARTA - Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Padahal melalui matematika maka secara tidak langsung mengaktifkan kemampuan kita sebagai manusia untuk merubah perspektif dalam memahami banyak hal.

Guru Matematika dan Konsultan Eduversal Ade Kiki Ruswandi mengatakan, ketika seseorang melihat sesuatu dari sisi yang berbeda maka dia akan bisa memahami lebih dalam dari sesuatu. Lalu, katanya, untuk meningkatkan kemampuan pemahaman diri terhadap sesuatu maka perlu kemampuan untuk merubah perspektif. (Baca juga: Kemendikbud Dorong Mahasiswa Mendirikan Startup )

"Bagaimana cara kita jago dalam merubah perspektif ketika melihat sesuatu, salah satu caranya dengan belajar matematika. Matematika membantu kita meningkatkan kemampuan kita mengubah perspektif yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari untuk memahami banyak hal,” katanya pada seminar EMC:Kenapa Harus Belajar Matematika yang telah ditayangkan di Youtube Eduversal Indonesia September lalu.

Dia mencontohkan, misalnya angka 4/3 jika dinyatakan dalam 10 angka maka akan didapati angka 1,333333333. Namun jika 4/3 dinyatakan dalam basis lain seperti bahasa computer dengan system biner maka hasilnya akan lain lagi. Angka 4/3 pun, jelasnya, bisa direpresentasikan dalam kartu domino. Lalu 4/3 pun biasa dijadikan ukuran dalam layar computer.

Contoh lainnya adalah, ujar Kiki, ada empat segitiga yang dibentuk menjad sebuah tiga dimensi atau piramida lalu piramida ini digabungkan maka akan menjadi bangunan octahedron. Akan tetapi, katanya, jika bangunan itu diputar ke sisi yang lain maka bentuknya pun akan berubah padahal berasal dari bangunan yang sama. (Baca juga: Tim Dosen FKG UI Raih Juara 1 Kompetisi Internasional SEAADE Award )

"Kalau mau memahami sesuatu kita harus melihat itu dari banyak aspek. Nah matematika membantu kita mengaktifkan kemampuan kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda,” jelasnya.

Dia mengatakan, yang menarik dari matematika adalah tentang manfaatnya. Yakni tidak hanya tentang kalkulasi namun juga aplikasi dan dari matematika juga kita bisa mendapat inspirasi. Misalkan golden ratio 1,6 yang biasa dipakai untuk mendesain logo-logo perusahaan seperti logo Apple yang terkenal itu.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1467 seconds (11.252#12.26)