Kemendikbud Bantu Guru dalam Memahami Asesmen Kompetensi Minimum

Senin, 28 Desember 2020 - 14:49 WIB
loading...
Kemendikbud Bantu Guru dalam Memahami Asesmen Kompetensi Minimum
Seorang guru mengajar bidang studi dengan pembelajaran tatap muka di salah satu sekolah. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ditjen GTK Kemendikbud menggulirkan Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Program ini dirancang untuk membantu guru dalam memahami konsep dan pelaksanaan asesmen yang akan berlangsung tahun depan.

Program Guru Belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.

Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Program Guru Belajar yang telah diluncurkan yakni Seri Pandemi Covid-19, Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH), lalu pada Selasa (22/12) digulirkan Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.

Program ini juga akan membantu guru untuk dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum. Pendaftaran Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum dibuka pada 21 Desember 2020, dengan rentang pembelajaran pada 1 Januari-24 Februari 2021.

“Ada 11 angkatan, per angkatan 5 hari pembelajaran,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Direktur GTK Dikmensus) H.Yaswardi seperti dikutip dari laman resmi Ditjen GTK di gtk.kemdikbud.go.id, Senin (28/12/2020).

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, Asesmen Nasional (AN) merupakan upaya untuk menghadirkan pembelajaran yang relevan dengan zaman. Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar.

“Asesmen Nasional merupakan upaya untuk menyesuaikan dengan pembelajaran abad 21 dan kondisi dunia kerja abad 21 yang tidak lagi hanya berfokus pada bidang-bidang, konten, tetapi lebih pada apa yang fleksibel, lintas mapel, atau lintas bidang ilmu,” kata Iwan Syahril.

Informasi lebih lanjut terkait Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum dapat disimak di gurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-asesmen-kompetensi-minimum.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)