Gubernur Ganjar Promosikan GeNose Buatan UGM ke Presiden Jokowi

Kamis, 07 Januari 2021 - 06:09 WIB
loading...
Gubernur Ganjar Promosikan GeNose Buatan UGM ke Presiden Jokowi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto/Dok
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan penggunaan GeNose C19, alat pengecekan COVID-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, alat itu simpel, mudah digunakan dan murah untuk meningkatkan proses tracing di seluruh daerah.

"Melihat pembahasan hari ini, terbukti bahwa memang terjadi peningkatan. Maka kita tidak perlu panik, yang harus dilakukan adalah testing dan tracing lebih masif," kata Ganjar, usai rapat bersama Presiden Joko Widodo, menteri, dan gubernur, secara daring, Rabu (6/1/2021).

Dia mengatakan, peningkatan tracing dan testing membutuhkan peralatan. Kalau semua Puskesmas memiliki laboratorium PCR, maka akan gampang. Permasalahannya, tidak semua punya karena peralatan PCR sangat mahal.

"GeNose tidak, semua orang gampang menggunakan. Alatnya portabel, pengecekan cepat dan harganya murah. Maka tadi saya usulkan pada presiden semua menggunakan GeNose untuk membantu surveilans melakukan tracing," jelasnya.

(Baca juga: Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Ahmad Yani Alami Penurunan)

Dengan GeNose, maka proses tracing dan testing akan semakin mudah dan cepat. Ketika ada satu yang positif, maka 30 orang kontak dekat dan erat dapat diminta meniupkan nafas ke kantong dan dicek untuk mengetahui hasilnya apakah positif atau negatif.

(Baca juga: Gunungkidul Masuk Pembatasan Kegiatan, Pemkab Belum Lakukan Koordinasi)

"Dengan kecepatan itu, maka bisa dilakukan treatment dengan cepat. Oh, kamu OTG tidak usah ke rumah sakit, kamu ada gejala harus dirawat dan sebagainya. Treatment inilah yang akan lebih cepat dengan GeNose. Lebih dari itu, ini cerita karya anak bangsa yang harus didukung. Saya mendukung penuh, makanya Jateng pakai GeNose," tuturnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)